Home > Berita > Riau

Siak Raih Adipura, Kado Manis Syamsuar sebelum Dilantik Jadi Gubernur Riau

Siak Raih Adipura, Kado Manis Syamsuar sebelum Dilantik Jadi Gubernur Riau

Syamsuar terima penghargaan Adipura dari Wakil Presiden Jusuf Kala.

Senin, 14 Januari 2019 20:17 WIB
Sahril Ramadana
SIAK, POTRETNEWS.com  - Kabupaten Siak kembali menerima penghargaan Adipura katagori kota kecil dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) 2018. Penghargaan Adipura diserahkan Wakil Presiden Jusuf Kalla kepada Bupati Siak Syamsuar di Auditorium Dr Soedjarwo, Gedung Manggala Wanabakti Jalan Gatot Subroto, Jakarta Pusat, Senin (14/1/2019).

Penghargaan ini merupakan keempat kalinya diraih Kabupaten Siak sejak 2014, 2016, 2017 dan 2018. Untuk periode ini, pemerintah memberikan kepada 146 penerima penghargaan yang terdiri dari 1 Adipura Kencana, 119 Adipura, 10 Sertifikat Adipura dan 5 Plakat Adipura. Selain itu, pemerintah juga memberikan penghargaan Kinerja Pengurangan Sampah kepada 11 kabupaten/kota se-Indonesia.

Salah satu kriteria penilaian dalam penghargaan Adipura, upaya dan hasil pemerintah kabupaten/kota dalam memenuhi target nasional pengelolaan sampah, yakni pengurangan sampah 30 persen dan penanganan sampah 70 persen pada 2025. Hal ini juga sudah diimplementasikan dalam Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2008 Tentang Pengelolaan Sampah.

Selain Adipura, awal tahun 2019 ini Kabupaten Siak juga menerima penghargaan Green Leadership bertajuk Anugerah Nirwasita Tantra Periode 2018 dari Kementrian LHK.

Bupati Siak Syamsuar mengaku, semua penghargaan itu didapat merupakan hasil kinerja kolektif pemerintah daerah bersama masyarakat dan dunia usaha.

“Ini semua tidak terlepas dari dukungan, kerja keras dan peran semua pihak, baik pemerintah kabupaten, maupun seluruh masyarakat sehingga lingkungan kita bisa terjaga," kata Syamsuar.

Atas raihan ini, Gubernur Riau terpilih itu juga mengucapkan banyak terimakasih kepada semua pihak, terkhusus untuk petugas kebersihan, pertamanan dan pasar yang selalu setia menjaga kebersihan Kota Siak Sri Indrapura.

"Saya juga mengucapkan banyak terimakasih kepada seluruh Pimpinan Dinas, Badan, Kantor, Camat, Lurah, Penghulu, Direktur Rumah Sakit, Puskesmas dan Kepala Sekolah, Bank Sampah, TPA, Pengepul dan Komunitas Peduli Sampah yang ikut berperan menjaga kebersihan di Siak," kata Syamsuar.

"Mudah-mudahan tradisi yang baik untuk menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan, serta kesadaran mengurangi pemakaian plastik dalam kehidupan sehari-hari dapat terus kita pertahankan," tambah Syamsuar.

Bupati Siak Syamsuar merupakan Gubernur Riau terpilih berpasangan dengan mantan komandan Korem Wirabima, Brigjend Purnawirawan Edy Natar Nasution. Rencananya, pasangan yang diusung tiga partai politik PAN, Nasdem dan PKS pada Pilgubri 2018 itu, akan dilantik pada tanggal 20 Februari 2019, bulan depan. ***

wwwwww