Home > Berita > Inhu

Mabes Polri Musnahkan Ratusan Ton Bahan Peledak di Indragiri Hulu

Mabes Polri Musnahkan Ratusan Ton Bahan Peledak di Indragiri Hulu

Gudang bahan peledak milik PT Riau Bara Harum saat pemusnahan sisa bahan peledak oleh tim Mabes Polri di Kabupaten Indragiri Hulu/ISTIMEWA

Sabtu, 22 Desember 2018 10:45 WIB
RENGAT, POTRETNEWS.com - Tim gabungan Mabes Polri, Polda Riau dan Polres Indragiri Hulu (Inhu), memusnahkan ratusan ton bahan peledak sisa tambang batu bara milik PT Riau Bara Harum (RBH). Pemusnahan bahan peledak dilakukan lantaran PT RBH sudah tidak melakukan penambangan batu bara lagi di Kecamatan Seberida dan Kecamatan Batang Gansal, sejak tahun 2015.

ā€¯Bahan peledak yang dimusnahkan sebanyak 245.100 kilo gram amonium nitrat yang merupakan komponen campuran bahan peledak tambang, 2,953 kilo gram dinamit, dan 17.216 pcs detonator," jelas Paur Humas Polres Inhu, Bripka Misran, Jumat (21/12/2018).

Kata Misran, pemusnahan dilakukan bersama mantan karyawan PT RBH selama dua hari mulai Selasa hingga Rabu (18-19/12) di Desa Kelesa. Dalam kegiatan ini dikerahkan sedikitnya 107 orang personil kepolisian berjaga di lokasi.

Pemusnahan Amonium Nitrat dilakukan dengan cara direndam, sementara dinamit dilakukan dengan dibelah dan kemudian dibakar di lubang galian.

"Untuk pemusnahan detonator sudah disiapkan 30 lubang dan diledakkan dengan menggunakan aliran listrik serta membakar kabel pemicu detonator pada lubang galian," paparnya.

Selain melaksanakan pemusnahan bahan peledak, tim dari Mabes Polri melakukan silaturahmi dengan para mantan karyawan PT RBH.

Pertemuan dilakukan untuk meningkatkan silaturahmi dengan mantan karyawan PT RBH karena telah sama-sama menjaga situasi Kamtibmas yang aman dan kondusif selama ini di lokasi tambang yang ditinggalkan PT RBH.

Pada kesempatan itu, para mantan karyawan PT RBH menyampaikan keluhan bahwa sejak ditinggalkan PT RBH pada tahun 2015, lalu, nasib karyawan tidak diperhatikan. Bahkan, karyawan tidak mendapatkan sebagian hak mereka. ***

Artikel ini telah tayang di gatra dengan judul Mabes Polri Musnahkan Ratusan Ton Bahan Peledak di Kabupaten Indragiri Hulu

Editor:
Akham Sophian

Kategori : Inhu, Umum
wwwwww