Lagi-lagi HP Bisa Masuk Lapas dan Dipakai Napi Bengkalis Kendalikan Bisnis Sabu 12 Kg

Lagi-lagi HP Bisa Masuk Lapas dan Dipakai Napi Bengkalis Kendalikan Bisnis Sabu 12 Kg

Ilustrasi napi gunakan HP di lapas.

Rabu, 19 Desember 2018 08:12 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Tiga narapidana Lembaga Pemasyarakatan Klas IIA Bengkalis terlibat dalam pengendalian 12 kilogram sabu. Mereka ditangkap tim Direktorat Reserse Narkoba Polda Riau. "Tiga tersangka IN, SM dan SU. Semuanya Napi Bengkalis yang menjadi pengendali jaringan narkoba dengan barang bukti sabu sebanyak 12 kilogram," ujar Direktur Reserse Narkoba Polda Riau, Kombes Haryono, Selasa (18/12).

Pengungkapan tersebut berawal dari penangkapan seorang kurir narkoba yang dikendalikan ketiga tersangka. Saat diinterogasi, kurir inisial GP (31) mengaku disuruh napi di Lapas Bengkalis.

Haryono merincikan ketiga Napi IN (31), SM (43) dan SU (41) yang seluruhnya merupakan tahanan kasus narkoba dengan hukuman antara 6-12 tahun itu melakukan aksinya dengan bermodal ponsel. Melalui ponsel itu mereka berkomunikasi dengan GP.

Sabu itu disimpan dalam jeriken besar oleh kurir tersebut. Sabu dipasok dari luar negeri melalui perairan Selat Malaka dengan rute Malaysia menuju Pulau Rupat, Kabupaten Bengkalis.

"GP berhasil ditangkap pada 9 Desember 2018 lalu di perbatasan Bengkalis-Dumai. Saat ditangkap kita tidak menemukan barang bukti narkoba dari tangan GP," lanjut Haryono.

Tak menyerah meskipun tidak menemukan barang bukti, polisi menginterogasi GP. Akhirnya dia mengaku menyimpan sabu di tengah perkebunan di Pulau Bengkalis.

"Lalu kita menuju lokasi dan menemukan sabu dalam jumlah besar itu. Rencananya sabu-sabu itu akan dibawa ke Pekanbaru," terangnya.

Keberadaan narapidana yang terlibat narkoba cukup banyak terjadi di Riau. Dalam setahun terakhir, sejumlah pengungkapan narkoba yang dilakukan kepolisian di Riau mengungkap adanya keterlibatan napi dalam sindikat tersebut.

Terakhir, Polresta Pekanbaru menangkap seorang napi yang memesan narkoba menggunakan ojek daring. Haryono mengakui keberadaan ponsel di dalam lapas yang digunakan para napi menjadi alasan utama keterlibatan mereka dalam jaringan narkoba. ***

Artikel ini telah tayang di merdeka.com dengan judul Bermodal HP, 3 Napi Lapas Bengkalis Kendalikan Bisnis Sabu 12 Kg

Editor:
Akham Sophian

Kategori : Bengkalis, Hukrim
wwwwww