PotretNews.com Senin 21 Oktober 2019

BBKSDA Riau Evakuasi Seekor Buaya yang Terjebak di Parit Sawah Warga Benai karena Air Sungai Meluap

BBKSDA Riau Evakuasi Seekor Buaya yang Terjebak di Parit Sawah Warga Benai karena Air Sungai Meluap

Petugas BBKSDA Riau mengevakuasi seekor buaya muara yang terjebak di parit sawah di Desa Talontam, Kecamatan Benai, Kuansing, Riau, Minggu (9/12/2018). (foto: dok. BBKSDA Riau)

Senin, 10 Desember 2018 09:20 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Akibat air sungai meluap, seekor buaya muara (Crocodylus porosus) ditemukan terjebak di parit sawah Desa Talontam, Kecamatan Benay, Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau.Buaya tersebut ditangkap warga. Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau Suharyono mengatakan, buaya muara dievakuasi oleh Tim Resort Petai dan dibawa ke Pekanbaru.

”Rencana semalam buaya dibawa ke BBKSDA Riau, tapi kolam rehabilitasi kita tidak ada. Sehingga alternatif buaya direhab di lembaga konservasi mitra BBKSDA Riau (Kebun Binatang Kasang Kulim). Sekarang buayanya sudah di sana," ucap Suharyono, Senin (10/12/2018).

Dia menjelaskan, seekor buaya muara awalnya ditemukan terjebak di parit atau irigasi sawah di Desa Talontam, Kecamatan Benay, Kuansing, Minggu (9/12/2018) sore kemarin.

Ads
Lantaran dikhawatirkan buaya menyerang, sehingga warga berinisiatif untuk menangkapnya. Kemudian setelah ditangkap, buaya diamankan di Polsek Benai. "Tim BBKSDA Riau menuju ke lokasi berkoordinasi dengan aparat kepolisian dan pemerintah setempat untuk mengamankan buaya tersebut," ungkap Suharyono.

Lebih lanjut, dia menyampaikan, berdasarkan observasi yang dikumpulkan dan menyaksikan kondisi lapangan, buaya muncul akibat meluapnya volume air Sungai Kuantan, sehingga buaya terjebak masuk ke aliran irigasi.

"Informasi yang diperoleh dari kepala desa setempat, ada lima ekor buaya yang terjebak di irigasi sawah. Namun, yang ditemukan masih satu ekor," sebut Suharyono.

Oleh karena itu, pihaknya mengimbau masyarakat agar waspada terhadap serangan buaya pada saat air sungai meluap.

”Masyarakat kita harap tidak melakukan aktivitas di sungai yang rawan buaya. Kemudian orangtua juga harus menjaga anak-anaknya agar tidak mandi dan berenang di sungai yang sedang meluap," demikian Suharyono. ***

Tulisan ini sudah tayang di kompas.com dengan judul Air Sungai Meluap, Seekor Buaya Ditemukan Terjebak di Parit Sawah

Editor:
Akham Sophian

       
        Loading...    
           
Kategori : Kuansing, Umum
       
        Loading...    
           
wwwwww