Kelaparan, Gerombolan Gajah Liar Cari Makan di Halaman Kantor Camat Minas

Kelaparan, Gerombolan Gajah Liar Cari Makan di Halaman Kantor Camat Minas

Foto warga keluar dari rumah melihat kawanan gajah

Senin, 03 Desember 2018 12:03 WIB
Sahril Ramadana
SIAK,POTRETNEWS.com  - Sepuluh ekor gajah liar masuk ke permukiman warga di Kecamatan Minas, Kabupaten Siak, Riau. Gerombolan gajah itu berkeliaran mencari makan hingga ke halaman kantor Camat Minas.

Kejadian ini, Ahad 2 Desember 2018 malam kemaren. Kawanan gajah liar ini memakan beberapa tumbuhan muda di sekitar pekarangan rumah dan perkebunan warga setempat. Mulai dari tanaman buah pisang dan sawit habis dibabat hewan berbelalai panjang tersebut.

Namun karena jumlahnya yang mencapai 10 ekor, warga cukup kewalahan mengusir gajah liar tersebut. Sehingga, pihak Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau di PLG Minas turun tangan untuk melakukan pengusiran gajah liar ini.

"Sebenarnya ini bukan yang pertama kali gajah liar masuk ke pemukiman warga. Tapi mau bagaimana lagi, hutan di wilayah ini sudah berangsur hilang, begitu juga ketersediaan pangannya," kata Camat Minas Hendra, Senin (3/12/2018).

Hendra mengatakan, gajah liar ini sudah mulai digiring untuk keluar dari permukiman warga. Penggiringan itu dilakukan dengan cara meletuskan marcon.

"Saya prihatin juga dengan warga setempat karena hasil kebun mereka habis dilalap gajah liar ini. Warga mengalami banyak kerugian materil, harusnya hasil kebun bisa dijual, ini malah ludes dimakan kawanan gajah," kata Hendra.

Hendra berharap, agar pihak BBKSDA Riau cepat mengatasi konflik gajah dengan manusia yang selalu terjadi di wilayah Kecamatan Minas. Supaya masyarakat tidak lagi dirugikan.***

wwwwww