Home > Berita > Umum

Eksotisme Air Terjun Tujuh Tingkat Guruh Gemurai, Sembunyi di Perbatasan Riau-Sumbar

Eksotisme Air Terjun Tujuh Tingkat Guruh Gemurai, Sembunyi di Perbatasan Riau-Sumbar

Air Terjun Guruh Gemurai jadi destinasi favorit. (foto: instagram)

Senin, 26 November 2018 13:41 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Berada di perbatasan Sumatera Barat dan Riau, terdapat air terjun eksotis yang dapat memikat wisatawan. Air terjun tersebut bernama Guruh Gemurai. Air terjun ini memiliki dua curahan yang salah satunya memiliki ketinggian sekira 20 meter. Di bawahnya, ada kolam yang kerap digunakan wisatawan untuk bermain dan berenang.

Nama Guruh Gemurai diambil dari salah satu bahasa setempat, yaitu Guruh berarti gemuruh atau bunyi air terjun. Sedangkan Gemurai, berarti percikan air yang berserakan.

Air terjun ini memiliki tujuh tingkat dengan ketinggian berbeda-beda. Pemandangannya masih asri dan natural, sehingga membuat wisatawan terasa nyaman berada di sini.

"Kuantan Singingi adalah rumah dari banyak air terjun. Tercatat ada 23 air terjun yang terdapat di kabupaten yang dilewati Danau Kuantan dan Danau Singingi ini. Salah satu yang paling indah dan mudah dicapai adalah air terjun Guruh Gemurai. Airnya yang segar sangat cocok untuk melepas penat sambil berendam," tulis Instagram @Pesonaid_Travel, Senin (26/11/2018).

Karena memiliki tujuh tingkatan, maka lintasan airnya cukup tinggi. Di sini Anda dapat mendengarkan irama percikan air indah. Berada di sini jangan lewatkan untuk membawa kamera, karena ada banyak spot menarik untuk berswafoto.

Beberapa spot foto tersebut seperti tangga yang jaraknya sangat berdekatan dengan aliran air terjun dan jembatan. Suasana di sekitar air terjun sangat alami dan airnya jernih, ditambah lagi udaranya sejuk. Dari atas air terjun, Anda dapat melihat pemandangan daerah Kuantan Singingi yang berwarna hijau.

Air Terjun Guruh Gemurai berada di Desa Kasang, Kecamatan Kuantan Mudik (Lubuk Jambi), Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Provinsi Riau. Untuk mencapai lokasi wisata Air Terjun Guruh Gemurai, Anda bisa naik bus atau kendaraan pribadi dari Teluk Kuantan ke arah Kiliran Jao-Sumbar dengan akses jalan beraspal.

Pada jalan bercabang setelah melewati Pasar Tradisional Lubuk Jambi, ambil rute di sebelah kiri yang menanjak, setelah kurang lebih 15 menit melewati Desa Kasang akan terlihat gerbang masuk Air Terjun Guruh Gemurai di sebelah kanan jalan. ***

Tulisan ini sudah tayang di inews.id dengan judul Eksotisme Air Terjun Guruh Gemurai, Sembunyi di Perbatasan Riau Sumbar

Editor:
Akham Sophian

Kategori : Umum, Riau
wwwwww