Home > Berita > Riau

Gelapkan Hasil Penjualan Tanah Warga, Mantan Kepala Desa di Rohil Jadi Tersangka

Gelapkan Hasil Penjualan Tanah Warga, Mantan Kepala Desa di Rohil Jadi Tersangka

Ilustrasi

Minggu, 25 November 2018 00:45 WIB
ROHIL, POTRETNEWS.com  - Mantan Penghulu (kepala desa) Air Hitam Kecamatan Pujud Kabupaten Rokan Hilir, An (35) ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus penipuan dan penggelapan uang. Polisi menemukan bukti An menjual tanah milik Ranto Siregar kepada Sri Wirda (29) seorang guru honor. "Iya kepala desa insial AN sudah kita tetapkan sebagai tersangka dugaan penipuan dan penggelapan uang jual beli tanah," ujar Kapolres Rokan Hilir AKBP Sigit Adiwuryanto seperti dilansir potretnews.com dari merdeka.com, Sabtu (24/11/2018). Sigit mengatakan, awalnya Sri warga Jalan Kasang Mindah Desa Air Hitam diperdaya oleh An untuk membeli tanah. Sri tidak tahu tanah itu bukan milik An, dan ia menyerahkan uang Rp 56 juta ke An melalui seorang perantara bernama Zaiful.

"Belakangan korban mengetahui bahwa tanah yang dibelinya merupakan milik Ranto. Lalu korban meminta agar uang itu kembali," kata Sigit.

Meski sudah berulang kali Sri meminta uangnya, namun An dan Zaiful selalu menghindar. Sri mengantongi bukti-bukti jual beli berupa kuitansi pembayaran sebanyak 2 lembar. Karena merasa dipermainkan dan ditipu, Sri memutuskan untuk melaporkan kepala desanya itu ke Polsek Pujud.

"Atas laporan itu, penyidik memeriksa pelapor dan terlapor yaitu Kepala Desa Air Hitam. Beberapa bukti dan keterangan kita kumpulkan," ucap Sigit.

Dari rangkaian penyelidikan, polisi mendapat bukti berupa surat tanah dengan status Surat Keterangan Ganti Rugi (SKGR) sebanyak 5 lembar, serta kuitansi jual beli antara Sri dengan An.

"Setelah bukti-bukti sudah cukup, An ditetapkan sebagai tersangka. Lokasi tanah milik orang lain yang dijual An berada di RT 002, Dusun II Desa Air Hitam," jelas Sigit.

Sebagai tindak lanjut, polisi akan memanggil An untuk diperiksa sebagai tersangka kasus dugaan penipuan.***

Editor:
Sahril Ramadana

Kategori : Riau, Rohil, Umum, Peristiwa
wwwwww