Home > Berita > Riau

Keren, Air Mata Pengantin Minuman Tradisional Khas Indragiri Hulu Paling Top Versi Kementerian Pariwisata

Keren, Air Mata Pengantin Minuman Tradisional Khas Indragiri Hulu Paling Top Versi Kementerian Pariwisata

Minuman tradisional khas Indragiri Hulu, Air Mata Pengantin salah satu minuman yang paling populer di Indonesia. (foto: istimewa/tss)

Sabtu, 24 November 2018 09:22 WIB
RENGAT, POTRETNEWS.com - Minuman tradisional khas Indragiri Hulu (Inhu), “Air Mata Pengantin”, ditabalkan menjadi minuman terpopuler se-Indonesia oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Ekraf) pada Anugerah Pesona Indonesia (API) 2018 Kamis (22/11/2018) di Jakarta. Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kementerian Pariwisata dan Ekraf, N W Giri Adnyani yang menyerahkan langsung penghargaan itu kepada Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Inhu, Armansyah.

Ini penghargaan kali kedua yang diterima Inhu setelah tahun lalu juga memperoleh penghargaan yang sama lewat makanan tradisional “Bolu Barondam”.

Armansyah bercerita, Air Mata Pengantin mendapatkan poling tertinggi 79,9 persen. Angka ini terpaut jauh mengalahkan pesaingnya, air akar dari Sumatera Barat (Sumbar) yang berada di posisi kedua dengan perolehan poling 10 persen.

”Dengan raihan ini, kami akan lebih menggencarkan promosi Es Air Mata Pengantin di pasaran, menjadikan minuman ini menu utama di kafe - kafe dan restoran di Riau,” katanya Jumat (23/11/2018).

Dalam waktu dekat kata Armansyah, pihaknya akan memanggil organisasi pengusaha kafe, restoran dan hotel di kabupaten Inhu, biar mereka menyajikan munuman Ait Mata Pengantin menjadi menu utama.

Armansyah kemudian cerita kalau minuman ini biasanya disajikan saat acara pesta pernikahan maupun acara-acara lainnya yang mengandung unsur kebahagiaan.

Sehingga seringkali orang menyebut minuman ini sebagai simbol dari air mata yang bahagia.

Pembuatan minuman air mata pengantin ini tidak rumit, bisa dibuat siapa saja dan tidak memerlukan keahlian khusus. Isinya tak jauh beda dengan sajian es campur pada umumnya.

Di dalamnya terdapat berbagai macam agar-agar yang kenyal dan berwarna-warni. Selain itu, minuman ini juga dilengkapi dengan biji selasih, sirup dan es batu.

"Sebagai pelengkap, biasanya ditambahkan blewah yang memiliki manfaat untuk kesehatan,” katanya. ***

Tulisan ini sudah tayang di gatra.com dengan judul Air Mata Pengantin Minuman Paling Top Versi Kementerian Pariwisata

Editor:
Akham Sophian

Kategori : Riau, Umum
wwwwww