Tingkatkan Edukasi Pemilu 2019, Kesbangpol Kuantan Singingi Rangkul Pemilih Pemula

Tingkatkan Edukasi Pemilu 2019, Kesbangpol Kuantan Singingi Rangkul Pemilih Pemula

Ilustrasi/Sosialisasi Pilgubri yang difasilitasi Pemerintah Kabupaten Kuantan Singing, beberapa waktu lalu.

Sabtu, 17 November 2018 16:41 WIB
Advertorial
TELUKKUANTAN, POTRETNEWS.com - Dalam rangka meningkatkan partisipasi pemilih terutama bagi pemilih pemula di Kuantan Singingi, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) Provinsi Riau, akan melaksanakan kegiatan sosialisasi Pemilihan Umum Legislatif, Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden Tahun 2019. Kegiatan dilaksanakan bagi pemilih pemula di daerah itu. Kepala Badan Kesbangpol Kuansing, Asnul SPd melalui Kabid Politik Masyanto SSos mengatakan, sosialisasi Insya Allah akan dilaksanakan akhir bulan November 2018 ini dengan melibatkan pelajar dari SLTA se-Kabupaten Kuantan Singingi sebagai peserta dengan jumlah sekira 900 orang.

”Pemilih pemula adalah masyarakat yang telah memenuhi syarat umur sudah 17 tahun, sudah/pernah kawin, dan purnawirawan/tidak lagi menjadi anggota TNI/Polri,” kata dia saat di temui di ruang kerjanya Kamis (15/11/2018).

https://www.potretnews.com/assets/imgbank/18112018/potretnewscom_ureby_1430.jpgKepala Badan Kesbangpol Kabupaten Kuantan Singingi, Asnul SPd.

Kegiatan ini nantinya dilakukan untuk mengedukasi mereka dalam menghadapi pemilu. Pemilu merupakan sarana pelaksanaan kedaulatan rakyat dimana rakyat dapat memilih pemimpin politik secara langsung dan pemilih pemula adalah pemilih yang baru pertama kali akan melakukan penggunaan hak pilihnya.

Ditambahkannya, pelajar usia pemilih pemula agar tidak perlu khawatir jika belum memiliki kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP), hak pilihnya tetap bisa digunakan dalam Pemilu 2019 nanti.

”Dengan catatan sudah melakukan perekaman e-KTP, yakni cukup dengan mengantongi surat keterangan dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dan identitas sudah masuk dalam Kartu Keluarga (KK),” timpalnya.

https://www.potretnews.com/assets/imgbank/18112018/potretnewscom_ptfbz_1431.jpgIlustrasi/Sosialisasi Pilgubri yang difasilitasi Pemerintah Kabupaten Kuantan Singing, beberapa waktu lalu.

Melalui kegiatan ini nantinya, dia berharap seluruh pemilih pemula dari kalangan pelajar dapat menggunakan hak pilihnya secara baik.

”Sosialisasi ini sebagai upaya melakukan pendidikan berdemokrasi bagi para pemilih pemula agar terhindar dari informasi yang tak benar. Mereka perlu kita dorong agar mau datang ke tempat pemungutan suara untuk menyampaikan pilihan dan aspirasinya,” paparnya.

Sosialisasi akan dibagi menjadi 5 rayon. Rayon 1 (Kec. Kuantan Tengah, Sentajo Raya, Benai), Rayon 2 (Singingi dan Singingi Hilir), dan Rayon 3 (Kuantan Mudik, Hulu Kuantan, Gunung Toar, Pucuk Rantau).

Kemudian Rayon 4 meliputi Pangean, Logas Tanah Darat, Kuantan Hilir, dan Rayon 5 Kecamatan Cerenti, Inuman, Kuantan Hilir Seberang.

Menurut Masyanto, sosialisasi nantinya dengan pemateri dari Komisoner KPU Riau, KPU Kuansing, Bawaslu Kuansing, dan Kepala Kesbangpol Kuansing. (adv)

wwwwww