Pendaftar Calon Anggota KPU se-Riau Didominasi Mantan Komisioner

Pendaftar Calon Anggota KPU se-Riau Didominasi Mantan Komisioner

Ilustrasi.

Selasa, 13 November 2018 08:15 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Sebesar 90 persen pendaftar Calon Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) provinsi, KPU kabupaten dan KPU kota adalah mantan komisioner. Sebanyak 613 pendaftar tercatat ikut serta dalam seleksi KPU provinsi, KPU kabupaten dan KPU kota hingga batas terakhir penututupan masa pendaftaran pada hari Ahad (11/11/2018).

Sekretaris KPU Riau Drs Rudinal, B MSi mengatakan, dari 613 pendaftar yang terbanyak adalah Pekanbaru.

"Pekanbaru jumlah peminat tertinggi, disusul Kuantan Singingi dan Indragiri Hulu," kata Rudinal, melalui siaran pers dari KPU Riau, Senin (12/11/2018), dilansir potretnews.com dari tribunnews.com.

Selanjutnya dikatakan Rudinal, kemudian Kota Dumai yang berada diurutan paling sedikit pendaftarnya, walaupun demikian Timsel tetap akan memproses berkas yang masuk sesuai tahapan imbuh Rudinal lagi.

Ketua Pokja Seleksi Anggota KPU Provinsi dan Kabupaten/Kota Dra Hj Odeng Rahmadiani turut memberikan informasi terkait keikutsertaan komisioner incumbent.

Dari data yang diperoleh oleh tim kpu-riauprov.go.id menunjukkan hampir 90 persen komisioner incumbent menjadi salah satu pendaftar periode kali ini.

”Regulasi terkait penerimaan calon anggota KPU membolehkan komisioner incumbent untuk ikut mendaftar, karena ketentuannya adalah maksimal 2 kali masa jabatan dilevel yang sama kalau baru sekali masa jabatan berarti boleh,” ungkap Bu Odeng demikian biasa dipanggil.

Saat ini Timseleksi sudah menerima seluruh berkas pendaftaran, sesuai jadwal dari hasil pemeriksaan berkas akan diumumkan tanggal 18 November 2019 diikuti dengan ujian Computer Assiested Test (CAT) tanggal 19 November 2019.

”Kami selaku yang dipercaya menjadi ketua Timsel 1, akan bekerja semaksimal mungkin dan tentu saja profesional,” ujar Muhammad Sahal SSi MSi.

Dikatakannya, tidak ada kepentingan tertentu, yang dibawa adalah sikap independensi dan profesional. ***

Editor:
Akham Sophian

Kategori : Politik, Riau
wwwwww