Longsor Terjang Tanahmerah Indragiri Hilir, Poskamling dan Rumah Hanyut

Longsor Terjang Tanahmerah Indragiri Hilir, Poskamling dan Rumah Hanyut

Bangunan hanyut akibat tanah longsor di Lorongperingi, Kelurahan Kualaenok, Kecamatan Tanahmerah, Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Selasa (13/11/2018) sekira pukul 00.10 WIB.

Selasa, 13 November 2018 16:25 WIB
TANAHMERAH, POTRETNEWS.com - Bencana tanah longsor kembali melanda masyarakat Kecamatan Tanahmerah, Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Riau, Selasa (13/11/2018) sekira pukul 00.10 WIB. Kali ini tanah tanah longsor terjadi pemukiman masyarakat atau tepatnya di Lorongperigi, Kelurahan Kualaenok.

Berdasarkan data dari polsek setempat, kejadian tersebut mengakibatkan sebanyak 1 unit rumah mengalami rusak ringan pada bagian pagar dan teras, 1 unit poskamling dan jalan umum sepanjang lebih kurang 25 meter juga ikut rusak.

”Dalam kejadian musibah tanah longsor tersebut tidak terdapat korban jiwa dan dugaan awal terjadinya musibah tanah longsor disebabkan oleh abrasi air sungai,” Kapolres Inhil AKBP Christian Rony SIK MH melalui Kapolsek Tanahmerah, Iptu Liber Nainggolan melalui keterangan tertulisnya.

Menurut kapolsek, dugaan penyebab tersebut karena pemukiman rumah masyarakat yang mengalami musibah longsor berada di sepanjang pinggir sungai perigi Kualaenok, dan pada saat terjadinya musibah tanah longsor air dalam keadaan sedang surut kering.

Petugas dari BPBD Kabupaten Inhil, Pemerintah Kecamatan Tanahmerah dan Polsek Tanahmerah serta masyarakat setempat, dikatakan kapolsek, sedang melakukan pendataan terhadap identitas pemilik rumah dan mengevakuasi barang-barang milik pemilik rumah yang masih bisa diselamatkan.

”Sedangkan terhadap warga pemilik rumah yang mengalami musibah tanah longsor ditempatkan di rumah kerabat dan di rumah masyarakat di sekitar TKP tanah longsor,” jelas kapolsek, dilansir potretnews.com dari tribunnews.com.

Sementara itu, H Abdul Azis Ali Hamid (65) selaku pemilik rumah yang menjadi korban tanah longsor, sekitar pukul 00.10 WIB mengaku mendengar suara papan retak disaat dirinya sedang tidur.

Mendengar suara tersebut, dirinya langsung memanggil penghuni rumah dan menyuruh agar keluar dari rumah tersebut.

Kemudian korban mengeluarkan barang-barang miliknya dari dalam rumah untuk diungsikan ketempat lain. ”Tidak lama kemudian terjadi longsor yang menghanyutkan poskamling, rumah dan jalan umum sepanjang 25 meter,” pungkas H Abdul Azis. ***

Editor:
Akham Sophian

Kategori : Peristiwa, Inhil
wwwwww