Pindeskel & TTG XX 2018

Siak Pemerkan Alat Penyalai Ikan di Bali

Siak Pemerkan Alat Penyalai Ikan di Bali
Sabtu, 20 Oktober 2018 00:19 WIB
Sahril Ramadana
BALI,POTRETNEWS.com  - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Siak memamerkan alat penyalai ikan buatan kelompok masyarakat pada kegiatan Temu Karya Nasional, Gelar Teknologi Tepat Guna (TTG) XX dan Pekan Inovasi Perkembangan Desa dan Kelurahan (PINDesKel) 2018 di Garuda Wisnu Kencana, Kabupaten Badung, Provinsi Bali. Acara ini dibuka langsung oleh Presiden RI, Joko Widodo.

Selain penyalai ikan, Pemkab Siak juga memamerkan Composter Aerob untuk memproduksi pupuk organik. Kedua teknologi buatan kelompok masyarakat itu dipamerkan di stand pameran Provinsi Riau di acara tersebut.

"Alhamdulillah, saya sangat senang Kabupaten Siak ikut serta dalam pameran teknologi ini. Semua yang kita pamerkan merupakan karya dari kelompok masyarakat bekerja sama dengan DPMK Siak," ujar Wabup Siak, Alfedri yang hadir langsung di acara tersebut, Jumat (19/10/2018).

Alfedri mengatakan, kegiatan ini merupakan kesempatan bagi pemerintahan kampung di Siak untuk menampilan hasil inovasi teknologinya, sekaligus memotivasi bagi kampung lain agar bisa menciptakan teknologi yang mempunyai nilai manfaat bagi masyarakat.

"Kegiatan ini juga kesempatan bagi kita untuk mempromosikan segala potensi yang ada di Kabupaten Siak ke tingkat nasional," kata Alfedri.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung (PMK) Kabupaten Siak Yurnalis Basri juga mengatakan, selain memamerkan produk teknologi tepat guna, di acara itu Pemkab Siak juga memamerkan kerajinan tangan asli dari Siak, seperti Batik Motif Semangka, Kain Samping Melayu, Jeli Semangka, Manisan Kulit Semangka, Tanjak, Kain Tenun Siak, Batik Motif Istana Siak dan Souvenir dari Siak.

"Kampung Dayun juga berhasil mendapatkan penghargaan dari Menteri Dalam Negeri RI, karena berhasil juara I perlombaan kampung Tingkat Provinsi Riau tahun 2018. Penghargaan ini juga diterima langsung oleh Penghulu Kampung Dayun, Nasya Nugrik," jelas Yurnalis.***

Kategori : Pemerintahan, Umum, Siak, Riau
wwwwww