Home > Berita > Umum

Pesan Ustaz Abdul Somad kepada Ibu yang Masih Takut Anaknya Divaksin MR: Pilih Mati atau Babi?

Pesan Ustaz Abdul Somad kepada Ibu yang Masih Takut Anaknya Divaksin MR: Pilih Mati atau Babi?

Ustaz Abdul Somad (foto: kumparan).

Kamis, 04 Oktober 2018 14:21 WIB
SIAK, POTRETNEWS.com – Sejumlah kalangan di Riau menolak rencana suntik vaksin campak dan rubella atau measles rubella (MR) yang mengandung unsur babi, sampai dipastikan kehalalannya. Namun menurut Ustaz Abdul Somad, kalau pilihannya babi atau mati, maka jangan memilih mati.

Apa yang diragukan dan khawatirkan orang tua di Riau, akhirnya diluruskan oleh pria yang akrab disapa UAS pada acara Tabligh Akbar di Mesjid Sultan Ismail Abdul Jalil Jalaluddin Syah, Benteng Hilir, Kecamatan Mempura Siak, Kamis (4/10/2018) siang.

Somad menanggapi pertanyaan dalam secarik kertas yang menanyakan hukum suntik vaksin MR sampai saat ini belum ada yang halal. Sementara di Kabupaten Siak kasus MR ini sudah masuk kategori darurat.

”Vaksinnya mengandung babi, kalau disuntik babi, kalau tak disuntik mati. Maka mau pilih mana, mati atau babi?," kata UAS.

Kemudian pertanyaan tadi dilengkapi UAS dengan analogi. Ia mengatakan, apabila di dalam hutan tidak ada makanan halal, yang ada hanya babi, ketimbang mati, maka diperbolehkan memakan babi.

"Jangan saat masuk hutan yang ada cuma babi untuk dimakan, tapi karena haram, biar mati kelaparan. Jangan pilih mati, cari babi tadi lalu sajikan dengan yang sudah dibakar dan makan dengan kecap," katanya lagi yang kemudian melengkapinya dengan tambahan dalil yang membenarkan ini karena dalam keadaan darurat.

Jadi kesimpulannya dari jawaban UAS tersebut adalah bawa anak untuk divaksin MR di pusat pelayanan kesehatan masyarakat terdekat. Karena campak dan rubella penyakit menular dan berbahaya. ***

Kategori : Umum, Riau, Siak
wwwwww