Home > Berita > Riau

Duh! Belum Genap Setahun Diresmikan, Gedung Daerah di Siak Senilai Rp100 Miliar Lebih Mulai Rusak

Duh! Belum Genap Setahun Diresmikan, Gedung Daerah di Siak Senilai Rp100 Miliar Lebih Mulai Rusak

Gedung daerah di Siak sudah mulai rusak

Rabu, 03 Oktober 2018 22:48 WIB
Sahril Ramadana
SIAK, POTRETNEWS.com  - Belum genap setahun diresmikan, Gedung Daerah Sultan Syarif Kasim II di Kecamatan Mempura, Kabupaten Siak, Riau, sudah mulai rusak, terutama di bagian dalam gedung.  Gedung senilai Rp100 miliar lebih ini, dibangun menggunakan dana APBD Siak tahun 2014, 2015, 2016, dan diresmikan akhir Januari 2018 lalu.

Kabid Cipta Karya Dinas PU Tarukim Siak, Ahmad Husain juga membenarkan adanya kerusakan itu. Namun kata dia, sudah mulai diperbaiki.

"Memang sudah ada bagian gedung yang mulai rusak. Seperti plafon dan atap. Kalau plafon sudah mulai kita perbaiki. Sementara atap, masih ada garansi dari rekanan (PT Hutama Karya). Jadi merekalah yang memperbaikinya," kata Husain saat bincang-bincang dengan potretnews.com, Selasa (3/10/2018) kemaren di Siak.

Husain mengatakan, rusaknya atap gedung yang berdiri megah di pinggiran sungai Siak itu karena angin kencang beberapa waktu lalu. Rembesan air hujan dari atap mengakibatkan plafon gedung tersebut jadi rusak. "Selain karena atap, penyebab plafon mulai rusak sepertinya karena ada pipa air yang bocor," kata dia.

Untuk pemeliharaan gedung ini, lanjut Husain, Pemkab Siak melalui Dinas PU Tarukim Siak menganggarkan sebesar Rp 200 Juta per tahunnya. Namun, kata Husain, anggaran itu tidak cukup. "Uang itu sebenarnya tidak cukup untuk sekelas gedung daerah. Namun dengan dana sekecil itu, kita optimalkan untuk pemeliharaan," jelas Husein.

Husain juga mengatakan, gedung sebesar itu sudah lumrah kalau ada yang mulai rusak. Sebab komponen di gedung itu banyak dan sangat canggih. "Walau baru diresmikan, sangat lah lumrah sedikit-sedikit ada yang rusak. Karena komponen di gedung itu sangatlah banyak. Jadi hal itu tidak perlu dipermasalahkan," kata dia. ***

wwwwww