Home > Berita > Umum

Saidul Amin Sampaikan Tiga Pilar Penting kepada Keluarga Besar Muhammadiyah Riau

Saidul Amin Sampaikan Tiga Pilar Penting kepada Keluarga Besar Muhammadiyah Riau

Foto bersama usai pengajian rutin wirid periodik bulanan.

Selasa, 02 Oktober 2018 07:16 WIB
Rifal Rafigali
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Untuk meningkatkan iman dan takwa serta sebagai ukhuwah antarkader Muhammadiyah, setiap bulan diadakan agenda pengajian rutin wirid periodik bulanan yang dilaksanakan Pimpinan Wilayah (PW) Muhammadiyah. Wirid periodik pada Ahad (30/9/2018) malam. Kali ini digelar di Aula Kampus 1 Universitas Muhammadiyah Riau, Jalan KH Ahmad Dahlan.

Pengajian yang dimulai ba’da Isya hingga pukul 21.30 itu dihadiri 300-an orang yang berasal dari unsur Pimpinan Wilayah Muhammadiyah serta ortom dan amal usaha tingkat wilayah. Tausiyah dalam wirid kali ini disampaikan oleh Ketua PW Muhammadiyah Riau Dr Saidul Amin MA.

Dalam tausiyahnya, Saidul Amin mengatakan, bahwa Islam pada zaman sekarang tidak lagi dipahami dengan cara tekstual, melainkan kontekstual. ”Tantangan Muhammadiyah pada hari tidak sama dengan tantangan di awal Muhammadiyah berdiri. Tantangan Muhammadiyah hari ini adalah sekulerisme, pluralisme dan liberalism,” paparnya.

Saidul melanjutkan tausiahnya dan menekankan bahwa bagaimana harusnya Muhammadiyah pada hari ini harus mampu bersaing dengan perkembangan zaman.

”Apabila Muhammadiyah tidak mampu bersaing, maka yang ada Muhammadiyah akan dinjak-injak oleh perkembangan zaman,” kata Saidul Amin lagi.

Muhammadiyah sendiri mempunyai tiga pilar penting yaitu, dakwah, pendidikan dan ekonomi. ”Sesuai dengan keputusan muktamar di Makassar beberapa waktu lalu, bahwa hari ini Muhammadiyah sudah selesai dengan masalah dakwah dan pendidikan, namun belum selesai pada pilar ekonomi,” sebutnya.

Diingatkan juga oleh Saidul bahwa sekarang warga Muhammadiyah harus berpikir secara holistik agar perekonomian saling terjalin antar sesama warga Muhammadiyah, dan nantinya zakat yang dikeluarkan para pelaku wirausaha Muhammadiyah bisa kembali kepada LazisMu. Sehingga tidak ada satu sen pun uang orang Muhammadiyah yang keluar terkecuali ke dalam kantong orang Muhammdiyah itu sendiri.

Sebelum acara berakhir, PWM Riau memberikan ucapan selamat serta memberikan penghargaan kepada enam orang kader yang telah menyelesaikan program doktoral di antaranya Dr Baidarus MAg, Dr Elviandri SHI MHum, Dr Rasyad Zein MM, Dr Harmaini MPSi, Dr Wirdati Irma dan Dr Syahrul Umar.

Terkait instruksi PP Muhammadiyah tentang bencana di Palu dan Donggala, panitia mengedarkan bakul untuk membantu para korban bencana itu. Selanjutnya bantuan ini akan di salurkan melalui LazisMu. ***

Kategori : Umum, Riau
wwwwww