Mahasiswa UIN Suska Tawarkan Konsep Rumah Kreatif agar Pelajar di Pelalawan Jauhi Narkoba

Mahasiswa UIN Suska Tawarkan Konsep Rumah Kreatif agar Pelajar di Pelalawan Jauhi Narkoba

Para pejalar serius mendengarkan paparan dari Kepala BNN Pelalawan Andi Salamon.

Sabtu, 29 September 2018 08:15 WIB
Muhamad Maulana
PELALAWAN, POTRETNEWS.com – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Syarif Kasim (Suska) Riau belum lama ini melaksanakan Sosialisasi Bahaya Narkoba di SMKN 1 Bandarseikijang, Kabupaten Pelalawan. Sosialisasi yang diikuti sedikitnya 80 pelajar itu menghadirkan Kepala BNN Kabupaten Pelalawan AKBP Drs Andi Salamon MH. Terlihat, para peserta serius mendengarkan paparan narasumber. 

Melalui keterangan tertulis yang dikirim ke potretnews.com, Koordinator Desa Mahasiswa KKN UIN Suska, Rifal Rafigali dalam sambutannya mengajak para siswa untuk menjauhi penyalahgunaan narkoba dengan menawarkan suatu wadah yang diberi nama rumah kreatif.

Nantinya, kata Rifal, di rumah kreatif ini para siswa disibukkan dengan menciptakan kerajinan dari barang bekas menjadi produk yang memiliki nilai estetika dan ekonomis.

”Sehingga para siswa tidak lagi ada waktu untuk hura-hura dengan lingkungan yang berpotensi menjerumuskan kepada penyalahgunaan narkoba,” tandas Rifal.

Sementara itu, Andi Salamon dalam paparannya menyampaikan hal-hal berbahaya yang dapat merusak generasi muda. Karena menurut dia, apabila generasi muda rusak, maka rusak pula keluarga bahkan negara.

”Dalam berbagai kesempatan sosialisasi ke sekolah-sekolah, saya selalu menyampaikan bahwa siapa saja siswa yang mulai kecanduan narkoba, silakan segera direhab. Karena yang tepat untuk generasi muda yang mulai terpengaruh penyalahgunaan narkoba bukanlah hukuman penjara, melainkan diobati atau direhabilitasi,” papar Andi.

Pihak sekolah merespons positif sosialisasi tersebut. Kepala SMKN 1 Bandarseikijang yang diwakili Ended mengucapkan terima kasih kepada Mahasiswa KKN UIN Suska Riau, BNN Kabupaten Pelalawan yang juga sebagai sponsor kegiatan, serta sejumlah undangan yang hadir.

Mereka di antaranya; Camat Bandar Seikijang yang diwakili Kasno, Kapolsek Bandarseikijang yang diwakili Kanit Bimas Ipda Rexson Silitonga, Bhabinkamtibmas Desa Lubukogung Bripka Aspanhari, dan sejumlah Mahasiswa KKN Universitas Riau. (rls)

Kategori : Pelalawan, Umum
wwwwww