Home > Berita > Riau

Dapat WTP Lima Kali, Pemkab Siak Terima Penghargaan Kemenkeu RI

Dapat WTP Lima Kali, Pemkab Siak Terima Penghargaan Kemenkeu RI

Syamsuar terima penghargaan dari Menkeu Sri Mulyani. (istimewa)

Kamis, 20 September 2018 21:41 WIB
Sahril Ramadana
JAKARTA, POTRETNEWS.com  - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Siak, Riau, menerima penghargaan dari Kementrian Keuangan RI. Penghargaan itu diberikan karena Siak berhasil raih laporan Keuangan Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) lima kali secara beruntun mulai tahun 2013-2017.

Selain Siak, penghargaan serupa juga diberikan kepada 38 Pemko, 15 Pemkab, 8 Pemprov, 7 lembaga tinggi dan 25 kementrian di Indonesia. Total ada 93 penghargaan yang diberikan langusng oleh Menkeu Sri Mulyani di Gedung Dhanapala Kementerian Keuangan Jakarta Pusat, Kamis (20/9/2018) pagi tadi.

Penyerahan penghargaan itu juga sempena Rakernas Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah Tahun 2018. Pelekat penghargaan itu diberikan langsung Menkeu ke Bupati Siak, Syamsuar.

Syamsuar mengatakan, penghargaan ini merupakan bagian dari upaya meningkatkan kualitas manajemen keuangan negara, untuk mendukung pembangunan menuju Indonesia yang sejahtera, serta untuk meningkatkan sinergi antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah.

"Penghargaan ini menunjukkan bukti bahwa pengelolaan keuangan pemerintah daerah Kabupaten Siak selama ini sangat baik, transparan dan akuntabel", kata Syamsuar.

Atas raihan prestasi ini Syamsuar juga mengucapkan terimakasih kepada seluruh OPD baik ditingkat kabupaten maupun kecamatan yang telah menyusun laporan keuangannya dengan baik, dan memberikan perhatian setiap program yang bermanfaat bagi masyarakat.

"Penghargaan ini merupakan pijakan bagi kita untuk lebih baik lagi kedepannya dalam mengelola keuangan," kata Syamsuar.

Di Provinsi Riau, hanya dua kabupaten yang berhasil meraih penghargaan tersebut, yakni Kabupaten Siak dan Kabupaten Kuantan Singingi.

Untuk diketahui, penghargaan itu diberikan hanya kepada daerah yang penerima opini WTP lima kali berturut-turut terhitung dari tahun 2013-2017.

Dalam kesempatan itu, Kemenkeu RI juga meluncurkan buku Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah Indonesia, dari masa ke masa. Selain itu, Menkeu juga menggelar Talkshow dengan tajuk "Pengelolaan Keuangan Negara yang Sehat Untuk Indonesia Kuat" dengan narasumber Menteri Perdagangan, Menteri Perindustrian, dan profesional SDM yang dimoderatori oleh Wakil Menteri Keuangan RI.***

wwwwww