Home > Berita > Riau

Australia Kembali "Unjuk Gigi" di Etape II Tour de Siak 2018

Australia Kembali Unjuk Gigi di Etape II <i>Tour de Siak</i> 2018

Pembalap saat sampai di garis finish etape II Tour de Siak 2018. (foto: sahril ramadana/potretnews)

Rabu, 19 September 2018 18:45 WIB
Sahril Ramadana
SIAK, POTRETNEWS.com  - Event balap sepeda Tour de Siak 2018 seperti milik tim ST. George Continental Cycling Team dari Australia. Buktinya, setelah menyapu bersih di etape pertama, kini pembalap dari tim itu kembali menjuarai etape kedua, Siak-Bungaraya-Sungai Apit-Siak (pergi pulang) dengan jarak tempuh 115,41 kilometer. Benjamin Dyball berhasil finish di urutan pertama dengan catatan waktu 02.30.07 detik. Pembalap asli warga negara Australia itu berhasil mengungguli 58 pembalap lainnya setelah roda sepedanya menerobos garis finish di Jalan Raja Kecik depan RSUD Tengku Rafi'an Siak, Rabu (19/9/2018) sore.

Di posisi kedua ada nama Mohd Harrif Saleh, dari Terengganu Cycling Team Malaysia dengan waktu 02:30.54 detik. Sedangkan diposisi ketiga, Mohammad Izzat Hilmi Abd Halil dari Sapura Cycling Team Malaysia dengan waktu 02:30.54 detik.

Menurut Race Director Tour de Siak 2018, Sondi Sampurno, etape kedua lebih menarik daripada etape pertama. Sebab sampai di daerah Sungai Apit, hujan turun yang membuat para pembalap agak kesulitan memacu sepedanya dan recovery (pemulihan) dulu.

"Walau recovery karena hujan, Benjamin Dyball masih tetap stabil. Dia memang memiliki kekuatan lebih. Dan bisa saya simpulkan, iven TdSi tahun ini yang mendominasi adalah ST. George Continental Cycling Team," kata Sondi.

Padahal kata Sondi, dari start pertama di depan Istana Siak sampai Sungaiapit, pembalap masih satu pleton dan belum ada yang terpisah. Bahkan mereka masih satu rombongan besar saat balik dari Sungai Apit menuju Siak.

Lalu, kurang lebih sekitar 40 kilometer sebelum finish, dua pembalap melepaskan diri dari rombongan besar tersebut. Satu di antaranya Benjamin Dyball. Namun itu tidak bertahan lama. Menjelang 30 kilometer sebelum finish, pembalap yang lepaskan diri dengan Benjamin Dyball dari pleton, masuk lagi ke rombongan besar.

"Sebenarnya, kedua pembalap itu satu tim di ST. George Continental Cycling Team. Setelah pembalap masuk lagi ke rombongan besar, maka jarak Benjamin Dyball dengan pembalap lainnya semakin jauh. Mulai dari 1 menit, 2 menit dan terkahir sampai garis finish jarak Benjamin Dyball dengan pembalap lainnya 2 menit," jelas Sondi.

Sondi mengatakan, etape kedua ini tidak ada insiden apapun. Bahkan cukup baik. Dia juga memuji warga Siak disepanjang jalan yang cukup tertib.

"Mudah-murahan besok lebih lancar lagi dari pada hari ini. Tadi penontonnya juga sangat ramai dan tidak membahayakan. Cukup tertib," kata Sondi.

Berbeda dengan etape pertama. Etape kedua ini pembalap tidak ada yang didiskualifikasi. Sebab semua pembalap sampai di garis finish dan tidak ada yang mengalami kecelakan.

"Kalau kemarin pembalap didiskualifikasi karena tidak sanggup menyelesaikan balapan hingga ke garis finis. Bahkan satu tim (ISSI Siak Riau). Lainnya karena 3 pembalap mengalami kecelakaan. Maka untuk etape berikutnya, jumlah pembalap yang ikut sama dengan hari ini, yakni 59 pembalap," jelas Sondi. ***

Kategori : Riau, Siak, Sport, Peristiwa
wwwwww