Home > Berita > Riau

Tour de Siak 2018: Pembalap Berpacu Raih Poin UCI

<i>Tour de Siak</i> 2018: Pembalap Berpacu Raih Poin UCI

Foto Tour de Siak 2017 lalu. (Dok potretnews.com)

Senin, 17 September 2018 20:22 WIB
Sahril Ramadana
SIAK, POTRETNEWS.com  - Balap sepeda Tour de Siak (TdSi) 2018 bakal semakin ketat. Selain merebutkan hadiah ratusan juta rupiah, pembalap juga bakal merebutkan poin dari Union Cycliste Internazionale (UCI).

"Untuk pertama kali pembalap yang berlaga di TdSi merebutkan poin UCI sejak digelar 2013 silam. Artinya di edisi keenam ini, TDSi ada kemajuan," Kata Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Siak, Fauzi Asni, Senin (17/9/2018) di Siak.

Menurut Fauzi, sesuai dengan kalender UCI, pembalap yang berpacu di Tour de Siak 2018 bakal merebutkan Two Poin Two.

"Artinya sepengetahuan saya, setiap etape pembalap berpacu bukan hanya untuk naik podium dan hadiah semata. Melainkan ada poin yang bakal diperebutkan di sana," jelasnya.

Untuk tahun ini, sebanyak 13 tim dari 16 negara bakal meramaikan kejuaraan balap sepeda Tour de Siak 2018. Para pembalap bakal adu cepat melintasi empat etape sejauh 522,9 kilometer.

Adapun sembilan tim dari luar negeri yang ikut adalah Seven Eleven Cycling Team (Philipina), Kinan Cycling Team (Japan), Pro Cycling Stats (Combodia), Nec CCN Cycling Team (Philipina), ST. George Continental Cycling Team (Autralia), Go For Gold Cycling Team (Philipina), Nice Ethopia Cycling Project (Ethopia), Terengganu Cycling Team (Malaysia), dan Sapura Cycling Team (Malaysia).

Sementara 4 tim dalam negeri: KFC Cycling Team, PGN Cycling Team, ACC Cycling Team dan BSP Cycling Team. Sedangkan pembalap yang ikut mulai dari warga negera Indonesia, Philipina, France, Spanyol, Japan, Germany, Netherland, Camboja, Thailand, Malta, Australia, New Zealand, Belgium, Great Britania, malaysia, Switzerland.

"Sebenarnya yang berminat dari tim luar negeri ada sebanyak 19 tim. Namun yang kita pilih hanya 9 tim ditambah 4 tim dari dalam negeri. Ini kita lakukan untuk menghemat biaya," jelas Fauzi.

Tour de Siak 2018 juga berbeda dengan Tour de Siak tahun-tahun sebelumnya. Perbedaannya pembalap yang tercepat sampai garis finish, tidak akan langsung naik podium di hari itu juga.

"Mereka akan naik podium sebelum start keesokan harinya. Kita sudah koordinasi dengan UCI mengenai hal ini. Kalau tahun-tahun sebelumnya, pembalap yang tercepat sampai garis finish, kan di hari itu juga mereka naik podium. Untuk tahun ini tidak, besoknya baru naik podium sebelum start. Kita sudah menyiapkan waktu 30 menit untuk para pembalap naik ke podium sebelum berpacu lagi," jelas Fauzi.

Sepeti diberitakan sebelumnya, Tour de Siak 2018 digelar selama 4 hari lomba dengan 4 etape. Etape I pebalap bakal menjejal lintasan Siak-Dayun-Siak sebanyak 3 lap dengan jarak tempuh 154,12 KM pada Selasa (18/9/2018) yang dimulai pukul 13.00 WIB.

Etape II digelar hari berikutnya, yang menempuh lintasan Siak-Bungaraya-Sungai Apit-Siak (pergi pulang) dengan jarak tempuh 115,41 Km. Start dimulai pukul 13.00 WIB di depan istana Siak.

Etape III digelar hari berikutnya, dengan lintasan Siak-Dayun-Kotogasib-Siak dengan jarak tempuh 161,48 Km sebanyak 2 lap. Start dimulai pukul 14.00 WIB di depan istana Siak.

Sedangkan etape IV atau hari terakhir, pebalap bakal adu cepat di Siak Kota sebanyak 6 lap dengan jarak tempuh 92,1 KM. Start dimulai pukul 14.00 WIB.****

Kategori : Riau, Siak, Sport, Peristiwa
wwwwww