PotretNews.com Sabtu 24 Agustus 2019
Home > Berita > Riau

Anggaran Bertambah, Tour de Siak 2018 "Rogoh" APBD Rp4,2 Miliar

Anggaran Bertambah, <i>Tour de Siak</i> 2018 Rogoh APBD Rp4,2 Miliar

Foto Tour de Siak 2017 lalu. (Dok potretnews.com)

Jum'at, 31 Agustus 2018 19:35 WIB
Sahril Ramadana
SIAK, POTRETNEWS.com  - Pemerintah Kabupaten Siak, Riau kembali menggelar event Tour de Siak (TDSi) September mendatang. Tahun ini Pemkab Siak menggelontorkan Rp 4,2 Miliar lebih untuk menyukseskan event tahunan tersebut.

Biaya Tour de Siak 2018 lebih besar dibandingkan tahun sebelumnya. Pada pelaksanaan TDSi 2017, biaya yang dihabiskan untuk 4 hari kegiatan ini hanya Rp 3,2 Miliar lebih.

Menurut Kasi Pengembangan Pemasaran Pariwisata Dalam dan Luar Negeri, Dinas Pariwisata Siak, Areefeanto, kenaikan biaya Tour de Siak 2018 karena bazar ekonomi kreatif di event ini tidak lagi menjadi tangungjawab dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Siak. Melainkan, bazar itu sudah masuk ke anggaran Tour de Siak 2018.

"Karena itu biaya yang dibutuhkan tahun 2018 ini bertambah. Bazar itu pendukung kegiatan Tour de Siak, yang menjadi ajang promosi kerajinan dan kuliner lokal," kata Areefeanto kepada wartawan, Kamis (30/8/2018) kemaren.

Ads
Anggaran event ini bersumber dari APBD Siak. Ada juga tambahan dari sumbangan sponsor dari BUMD, BUMN dan swasta. Tapi, kata Areefeanto, proposal sponsor tersebut belum diacc Bupati Siak, Syamsuar.

"Proposal masih dinaikkan ke pimpinan. Jadi belum kita kantongi anggaran tambahan," kata dia.

Areefeanto mengaku, sebenarnya kendala terbesar menyukseskan kegiatan ini bukan pada anggaran, melainkan lintasan (jalan) yang dilalui pebalap. Sebab lintasan yang bakal dilalui pebalap tidak semuanya mulus. Karena lintas yang dilalui bukan hanya jalan milik Pemkab Siak, melainkan ada juga jalan nasional dan ruas jalan provinsi.

"Tapi hingga saat ini pihak Dinas PU Tarukim Siak masih terus melakukan koordinasi dengan pusat dan provinsi, agar ruas jalan provinsi dan nasional yang rusak bisa secepatnya diperbaiki," jelasnya.

Mengenai ruas jalan provinsi dan nasional yang rusak belum diperbaiki, pihak dinas PU masih terus melakukan koordinasi dengan pusat dan provinsi," kata dia.

Mengenai persiapan, Areefeanto mengaku sudah sangat baik. Bahkan 4 September 2018 mendatang, pihaknya bakal menggelar rapat lintas dinas dan kepolisian.

"Alhamdulillah persiapan kita sudah mulai rampung. Bahkan kita sudah 2 kali mengadakan rapat internal dengan dinas terkait. Rapat selanjutnya nanti melibatkan kepolisian dan imigrasi," jelasnya.

Opening ceremony digelar secara meriah dengan mengundang artis ibukota. Tetapi masih dalam koordinasi dan menunggu kesepakatan siapa artis yang akan memeriahkan malam pembukaan Tour de Siak pada 17 September 2018 mendatang.

Sementara panitia inti pada pelaksaan iven ini dihendel oleh PB Ikatan Sepeda Sport Indonesia (ISSI), dan 40 orang panitia lokal. Penilaian ditentukan oleh 38 juri berlisensi.***

Kategori : Riau, Siak, Sport, Umum, Peristiwa
wwwwww