Home > Berita > Riau

Ketua Muhammadiyah dan NU di Riau Sama-sama Incar Kursi DPR RI

Ketua Muhammadiyah dan NU di Riau Sama-sama Incar Kursi DPR RI

Gambar hanya ilustrasi. (sumber: internet)

Minggu, 19 Agustus 2018 10:22 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Figur pimpinan organisasi masyarakat (ormas) termasuk salah satu posisi yang kerap dilirik untuk pencalonan legislatif. Pun begitu di Riau. Dua pimpinan ormas keagamaan terbesar (Muhamadiyah dan NU) dipastikan ikut dalam kontestasi politik tahun depan di daerah pemilihan (dapil) yang sama.

Menurut Sekretaris Wilayah PAN Riau, Tengku Zulmizan Assegaf, partainya telah merangkul ketua Muhammadiyah Riau untuk pemilu tahun 2019.

”Ya dikita ada pak Wan Abu Bakar, dia pimpinan Muhammadiyah Riau. Sebelumnya, pak Wan itu identik dengan PPP," sebutnya belum lama ini, dilansir potretnews.com dari wartaekonomi.co.id.

Berdasarkan data caleg sementara yang dilansir Komisi Pemilihan Umum (KPU), Wan Abu Bakar berada di daerah pemilihan (dapil) Riau 1 dengan nomor urut 2. Adapun dapil Riau 1 ini meliputi: Pekanbaru, Bengkalis, Rokan Hulu, Rokan Hilir, Kepulauan Meranti, serta Dumai.

Sekadar informasi Wan Abu Bakar, merupakan politisi senior di Riau. Ketua Muhamadiyah Riau tersebut memiliki rekam jejak jabatan yang beragam, baik di eksekutif maupun legislatif. Ia pernah memikul jabatan sebagai Wakil Gubenur Riau, anggota DPRD Riau, hingga Anggota DPR RI.

Sementara itu, Ketua Pimpinan Wilayah NU Riau, Rusli Ahmad, juga ikut meramaikan kontestasi pemilu 2019. Sama halnya dengan Wan Abu Bakar, Rusli juga mengincar kursi DPR RI. Rusli sendiri saat ini berstatus sebagai Anggota DPRD Riau periode 2014-2019.

Menariknya, rekam jejak Rusli tak pernah berkaitan dengan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), partai yang kerap diasosiasikan sebagai NU. Rusli merupakan kader senior PDI-P di Riau.

Berbincang kepada Wartaekonomi, ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu) PDIP Riau, Zukri Misran, membenarkan status Rusli sebagai salah satu calon legislatif (caleg) yang diusung PDI-P.

”Benar dia (Rusli) maju. Untuk dapil Riau I dianya. Dan dia merupakan satu-satunya Anggota Fraksi PDIP di DPRD Riau yang naik kelas ke Senayan," ujarnya. ***

Editor:
Akham Sophian

Kategori : Riau, Politik
wwwwww