Cara Licik Peyelundup yang Melintas di Perairan Riau; Tumpukan Kelapa Dibongkar di Tempat Sepi

Cara Licik Peyelundup yang Melintas di Perairan Riau; Tumpukan Kelapa Dibongkar di Tempat Sepi

Danlanal Dumai, Kolonel Laut (e) Yose Aldino melihat barang ilegal hasil tangkapan Lanal Dumai di Perairan Indragiri Hilir, Senin (13/8/2018).

Senin, 13 Agustus 2018 12:30 WIB
DUMAI, DUMAI, POTRETNEWS.com - Komandan Pangkalan Angkatan Laut (Danlanal) Dumai, Kolonel Laut (e) Yose Aldino menyebut para pelaku kerap menyamarkan barang selundupan dengan mengangkut barang berbeda. Mereka biasanya menumpuk barang lain di atas barang ilegal tersebut. Satu modus yang terlihat yakni menutupinya dengan terpal.

Ada kelapa yang menumpuk di bawah terpal. ”Jadi mereka menumpuknya di bawah tumpukan kelapa tersebut. Modus ini untuk mengelabui petugas,” kata Yose usai ekspos di Pos TNI AL Sungai Dumai, Senin (13/8/2018).

Dilansir potretnews.com dari tribunnews.com Yose menegaskan bahwa para pelaku penyelundupan yang melintas di Perairan Riau kini punya modus baru saat membongkar muatan.

Mereka tidak lagi melansir muatan secara langsung untuk diangkut melalui pelabuhan. Para pelaku menyimpan barang ilegal di satu lokasi tersembunyi.

Mereka biasanya memilih lokasi yang sepi untuk membongkar muatan untuk menyembunyikan barang ilegal itu. Ada sejumlah parit dan kanal untuk menjadi lokasi menyembunyikan barang ilegal tersebut.

Mereka pun mengandaskan kapal yang mengangkut barang selundupan itu. ”Mereka saat ini tidak langsung membongkar. Biasanya menanti situasi aman dulu, baru mereka bongkar,” ujarnya. ***

Editor:
Akham Sophian

Kategori : Hukrim, Dumai
wwwwww