Home > Berita > Riau

Sekuntum Bunga Bangkai Tiba-tiba Mekar di Belakang Rumah Warga Mempura Siak

Sekuntum Bunga Bangkai Tiba-tiba Mekar di Belakang Rumah Warga Mempura Siak

Bunga bangkai mekar di belakang rumah warga Kampung Tengah, Kecamatan Mempura, Kabupaten Siak. (foto: istimewa)

Rabu, 11 Juli 2018 10:55 WIB
Sahril Ramadana
SIAK, POTRETNEWS.com - Keberadaan bunga bangkai selalu menarik perhatian. Sebab, selain bentuk dan baunya memiliki ciri khas sendiri, perbedaan bunga ini dengan bunga-bunga lainnya juga menarik perhatian. Bunga bangkai juga dapat tumbuh di tempat-tempat tidak terduga, seperti terjadi di Kabupaten Siak, Riau. Bunga langka ini tumbuh di belakang rumah warga.

Sekuntum bunga bangkai yang dikenal dengan bunga rafflesia ini tumbuh di belakang rumah Inasari, warga Kampung Tengah, Kecamatan Mempura, Kabupaten Siak, Riau.

Keberadaan bunga bangkai ini langsung menarik perhatian warga setempat maupun pejabat daerah Kabupaten Siak. Apalagi bunga yang biasanya tumbuh di hutan-hutan itu pertama kali di temukan di daerah Kabupaten Siak.

"Informasi yang saya terima, bunga bangkai ini baru pertama kali tumbuh dan mekar di daerah Kabupaten Siak, tepatnya di Kampung Tengah Kecamatan Mempura. Jadi, kemunculan bunga ini, sangat menarik perhatian warga," kata Camat Mempura, OK Rendra Dharma Putra menjawab potretnews.com, Rabu (11/7/2018) via telepon seluler.

Bunga bangkai atau bunga rafflesia itu saat ini sudah mekar sempurna dengan warna merah marun. Menurut camat, dari keterangan dinas terkait, panjang bunga tersebut sekitar 1/2 meter. Sementara lebar bunga langka tersebut sekitar 30 Cm.

"Dinas terkait sudah melihat langusng bunga ini. Dari keterangan mereka, panjang bunga ini sekitar 1/2 Meter dan lebarnya sekitar 30 Cm," kata dia.

Adanya temuan bunga itu menarik perhatian warga setempat. Terbukti hari ini sejumlah warga berbondong-bondong datang melihat bunga lanka tersebut. Para pengunjung juga tak lupa mengabadikan bunga itu dengan cara berfoto.

"Pengen tahu dari dekat bunga ini. Sebab jarang kita lihat. Memastikannya datang lah ke sana. Tadi saat saya datang, lumayan rame warga setempat sudah datang," kata Rony Rahmat, salah sesorang pengunjung kepada potretnews.com.

Hingga berita ini diterbitkan koran online potretnews.com, masih banyak warga Siak yang datang melihat bunga tersebut. ***

wwwwww