Home > Berita > Umum

Kepulauan Meranti Jadi Daerah Termiskin di Riau

Kepulauan Meranti Jadi Daerah Termiskin di Riau

Ilustrasi.

Selasa, 03 Juli 2018 11:15 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Angka kemiskinan di Provinsi Riau setiap tahunnya tercatat turun sekira 0,37 persen. Kendati demikian, angka ini dinilai belum cukup untuk mengentaskan total kemiskinan yang ada. Demikian hal itu diungkapkan oleh Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan, Sekretariat Wakil Presiden RI, Muhammad Arif Tasrif di Kantor Gubernur Riau, Selasa (3/7/2018).

Kondisi lemahnya perekonomian masyarakat yang ada di wilayah pedesaan, menurut dia, menjadi penyumbang tertinggi angka kemiskinan di Riau. Hal ini ini terjadi karena masih tingginya ketimpangan antar kelompok

Bahkan, kata dia, faktor ini terindikasi sebagai bagian dari masalah kemiskinan hampir di seluruh wilayah di Indonesia dalam kurun waktu 50 tahun terakhir.

”Bagaimana mengatasi ketimpangan antarsesama penduduk miskin di Riau. Dalam prakteknya memeratakan kondisi sosial kemasyarakatan memang sulit dan setiap daerah punya tantangan yang berbeda," ungkapnya, dilansir potretnews.com dari GoRiau.com.

Sementara itu, Wakil Bupati Kepulauan Meranti, Said Hasyim memaparkan, bahwa angka kemiskinan di daerahnya mencapai 28 persen. Angka ini, kata Said, juga sudah mengalami penurunan dari tahun-tahun sebelumnya yang mencapai di atas 30 persen.

Sehingga tidak heran, jika dalam catatan diketahui, bahwa Kabupaten Kepulauan Meranti menjadi daerah termiskin di Riau.

"Masalahnya di Meranti itu infrastruktur dasar seperti listrik dan air, termasuk akses jalan yang menghubungkan dari satu dserah ke daerah lain. Saat ini saja masih ada sekira 20 persen masyarakat di daerah ini yang belum bisa menikmati listrik," urainya. ***

Editor:
Akham Sophian

Kategori : Umum, Riau
wwwwww