Home > Berita > Umum

Terbentuk dari Letusan Dahsyat, Ini 5 Fakta Danau Toba yang Populer Seantero Nusantara hingga Mancanegara

Terbentuk dari Letusan Dahsyat, Ini 5 Fakta Danau Toba yang Populer Seantero Nusantara hingga Mancanegara

Danau Toba di Sumatera Utara. (foto: garuda-indonesia via tribunnews.com)

Rabu, 20 Juni 2018 15:07 WIB
SIMALUNGUN, POTRETNEWS.com - Danau Toba menjadi destinasi populer di kalangan traveler saat mengunjungi Sumatera Utara. Rasanya kurang lengkap jika berlibur di Sumut tanpa mampir ke danau yang di bagian tengahnya terdapat Pulau Samosir. Membahas mengenai Danau Toba, berikut TribunTravel.com merangkum 7 fakta mengenai Danau Toba yang dilansir dari Wikipedia.

Selengkapnya yuk simak ulasan berikut.

1. Danau alam besar tekto-vulkanik
Danau Toba merupakan sebuah danau alam besar tekto-vulkanik yang menempati kaldera dari supervulkan. Danau ini memiliki ukuran ysekitar 100 kilometer dengan lebar sekitar 30 kilometer.

Sementara itu kedalamannya mencapai 505 meter. Danau Toba menjadi danau terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara.

Pada bagian tengah danau ini terdapat sebuah pulau vulkanik, Pulau Samosir.

3. Teori bencana Toba
Letusan di kawasan Danau Toba, Sumatera Utara dikenal sebagai letusan super atau supereruption dari gunung berapi yang terjadi antara 69.000 dan 77.000 tahun lalu.

Letusan ini diakui sebagai satu di antara letusan gunung terdahsyat di bumi. Hipotesis bencana Toba berpendapat bahwa peristiwa alam ini mengakibatkan musim dingin vulkanik di seluruh dunia selama 6 hingga 10 tahun.

Sementara masa pendinginannya terjadi selama 1.000 tahun.

4. Letusan Gunung Toba
Danau Toba terbentuk karena adanya letusan dahsyat yang juga menyebabkan kematian massal dan kepunahan pada beberapa spesies makhluk hidup.

Berdasarkan beberapa bukti DNA, letusan ini juga menyusutkan jumlah manusia hingga sekitar 60% dari jumlah populasi manusia bumi saat itu, yaitu sekitar 60 juta manusia.

5. Kehidupan sekitar Danau Toba
Danau Toba menjadi destiansi wisata populer dikalangan traveler. Banyak perahu wisata yang mengantarkan wisatawan keliling Danau Toba.

Perahu wisata juga menghantarkan para turis menyeberang ke Pulau Samosir. Di sekitar Danau Toba terdapat perkampungan batak yang mengelilinginya. ***

Editor:
Akham Sophian

Kategori : Umum
wwwwww