Home > Berita > Siak

Proyek Tenaga Kebersihan di Siak Capai Rp3 Miliar Lebih, Ini Kata Fitra Riau

Proyek Tenaga Kebersihan di Siak Capai Rp3 Miliar Lebih, Ini Kata Fitra Riau

Ilustrasi. (sumber: internet)

Sabtu, 02 Juni 2018 20:13 WIB
Sahril Ramadana
SIAK, POTRETNEWS.com - Forum Indonesia untuk Tranparansi Anggaran (Fitra) Provinsi Riau menganggap proyek tenaga kebersihan yang dilelang Sekretariat Daerah Kabupaten Siak senilai Rp3 miliar lebih terlalu besar. Jika ruang lingkupnya hanya di kantor, rumah dinas bupati, wakil bupati (wabup), sekda dan beberapa gedung di Kabupaten Siak. "Kalau hanya gedung-gedung itu saja, tidak layak anggaran sebesar itu, terlalu boros," kata Koordinator Fitra Riau, Usman kepada potretnews.com, Jumat (1/6/2018) kemarin.

Tetapi, kata Usman, jika tenaga kebersihan itu melingkupi seluruh kantor dinas di Kabupaten Siak, masih tergolong wajar. "Kalau lingkupnya seluruh kantor OPD di Siak, masih wajar. Tapi dengan pertimbangan jumlah tenaga kebersihannya," ujar Usman.

Untuk itu harus memastikan dulu berapa jumlah tenaga kebersihan yang dipekerjakan, tambah Usman.

Seperti diberitakan sebelumnya, proyek tenaga kebersihan ini sudah selesai dilelang. Ini dilihat dari Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Kabupaten Siak, Kamis (31/5/2018) lalu, total anggaran lelang tenaga kebersihan ini mencapai Rp3 milar lebih. Satuan kerja lelang ini di Sekretariat Daerah Kabupaten Siak.

Item-nya, untuk lelang tenaga kebersihan di Kantor Bupati Siak, Dewan Kerajinan Daerah (Dekranasda) Siak, Mes Pemda Siak, Gedung Tengku Mahratu dan tenaga kebersihan workshop senilai Rp 2,33 Miliar. Sedangkan untuk cleaning service rumah dinas bupati, wabup, sekda (out door), Balai Rung dan Gedung LAM Siak senilai Rp 704,08 juta.

Selain cleaning service, anggaran yang cukup mencolok adalah untuk kebersihan dan perawatan taman Kantor Bupati Siak. Dana untuk itu dikucurkan sebesar Rp 451 Juta.

Hingga berita ini diturunkan potretnews.com, belum diketahui berapa jumlah cleaning service di Kantor Bupati Siak, Rumah Dinas maupun di beberapa gedung tersebut. ***

wwwwww