Home > Berita > Umum

Es Air Mata Pengantin, Minuman Khas Riau yang Wajib Dicoba Saat Berbuka Puasa

Es Air Mata Pengantin, Minuman Khas Riau yang Wajib Dicoba Saat Berbuka Puasa

Es Air Mata Pengantin by Diah Oddie.

Rabu, 30 Mei 2018 16:27 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com – Ketika berpuasa, sering kali kita menginginkan menu-menu menyegarkan hadir menemani saat berbuka puasa. Namun pilihan menu yang itu-itu saja, kadang kala membuat kita merasa bosan. Tapi jangan khawatir, ada menu favorit yang bisa jadi pilihan kamu saat berbuka di rumah. Contohnya, Es Air Mata Pengantin.

Mendengar namanya saja, mungkin sudah aneh bagi sebagian masyarakat. Namun tahukah kamu bahwa nama tersebut justru adalah simbol dari Es Air Mata Pengantin ini. Diketahui, es yang berasal dari Provinsi Riau ini selalu hadir di acara-acara pernikahan dan acara-acara penting yang mengandung unsur kebahagiaan lainnya.

Nah, cerahnya warna dari es ini membuatnya menjadi simbol kebahagiaan. Persis seperti sepasang pengantin yang sering kali menangis karena merasa bahagia.

Penasaran?

Ini dia bahan-bahan yang dibutuhkan seperti yang dilansir dari akun instagram @cakedankue hasil kreasi dari @dhiahoddie via tribunnews.com;

1. 1 bungkus agar-agar Swallow putih
2. 100 gr gula pasir
3. 80 ml air
4. Nata de coco secukupnya
5. Biji Selasih yang sudah direndam air matang.
6. Syrup Coco pandan
7. Pewarna makanan merah, kuning, dan hijau.


Cara membuat :

1. Masukan agar-agar, gula dan air kedalam panci, aduk rata. Masak sampai mendidih dan angkat.

2. Bagi adonan agar-agar menjadi tiga bagian. Masing-masing beri pewarna merah, kuning, hijau dan dinginkan. Setelah dingin, masing-masing warna di serut dengan parutan keju.

3. Cara penyajian, ambil gelas saji, taruh agar agar berwarna merah yang telah diserut di dasar gelas. Timpa dengan nata de coco. Selanjutnya agar warna hijau, dan kembali timpa dengan nata de coco.

Terakhir, beri agar warna kuning dan timpa dengan nata de coco lagi.

Beri biji selasih diatasnya dengan es batu yang sudah di serut.

Lalu siram dengan sirup coco pandan, dan Es Air Mata Pengantin siap disajikan. ***

Editor:
Akham Sophian

Kategori : Umum, Riau
wwwwww