Home > Berita > Siak

2018 Target Gemar Siak Berzakat Rp2,5 Miliar

2018 Target Gemar Siak Berzakat Rp2,5 Miliar

Plt Bupati Siak Alfedri (kiri) menghadiri kegiatan perdana Gemar ke-5 di Mesjid Raya Sultan Abdul Jalil Rachman Syah Lubukdalam, Selasa (22/5/2018).

Rabu, 23 Mei 2018 16:11 WIB
Sahril Ramadana
SIAK, POTRETNEWS.com - Setiap bulan Ramadan, Baznas Kabupaten Siak selalu menggelar kegiatan Gerakan Masyarakat (Gemar) Siak berzakat. Tahun ini, kegiatan Gemar Siak berzakat ini sudah yang ke-5 dilaksanakan Baznas sejak tahun 2014 lalu. "Gemar Siak berzakat ini merupakan momen yang tepat diselenggarakan pada bulan Ramadan, karena sudah menjadi kebiasaan masyarakat sejak dulu kala melakukan pembayaran zakat pada bulan Ramadan," kata Alfedri, saat melaksanakan kegiatan perdana Gemar yang ke-5 di Mesjid Raya Sultan Abdul Jalil Rachman Syah Kecamatan Lubukdalam, Selasa (22/5/2018) kemarin.

Untuk itu Alfedri mengajak masyarakat agar membayarkan zakatnya, terutama bagi yang sudah mencapai nisabnya di lembaga amil zakat yang telah ditunjuk oleh pemerintah seperti Baznas.

"Zakat hukumnya wajib bagi yang telah memenuhi syarat, baik itu zakat hasil perkebunan, zakat perniagaan, uang dan harta simpanan ataupun zakat penghasilan agar di sisihkan 2,5 persen dari jumlahnya," jelas Alfedri.

Di tempat yang sama, Ketua Baznas Kabupaten Siak Abdul Rasyid  menyampaikan bahwa pelaksanaan Gemar ini dirangkai sekaligus dengan penyaluran zakat tahap II tahun 2018.

"Pendistribusian zakat tahap II ini berupa zakat konsumtif, yang akan di salurkan kepada 1.962 orang mustahik di 14 kecamatan se Kabupaten Siak dengan total penyaluran 1,6 miliar," ujar Rasyid.

Jumlah tersebut, kata Rayid, merupakan hasil pengumpulan sejak minggu kedua bulan April hingga bulan Mei 2018. Selain itu ia berharap kesadaran masyarakat untuk membayar zakat semakin meningkat.

Sebagai catatan, lanjut Rasyid, pengumpulan zakat tahun 2017 lalu senilai Rp 1,5 milyar yang di laksanakan di 7 kecamatan. Sedangkan tahun 2018, akan dilaksanakan di 14 kecamatan dengan target pengumpulan sebesar Rp 2,5 miliar.

"Semoga dengan kita tambah kegiatan ini di 14 kecamatan, maka diharapkan target pengumpulan zakat sebanyak Rp 2,5 miliar dapat tercapai," kata Rasyid. ***

Kategori : Siak, Riau, Umum, Pemerintahan
wwwwww