Home > Berita > Umum

Kabupaten Pelalawan dan Indragiri Hulu Belum Eliminasi Malaria

Kabupaten Pelalawan dan Indragiri Hulu Belum Eliminasi Malaria

Ilustrasi.

Kamis, 03 Mei 2018 09:10 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Masih ada dua daerah lagi di Provinsi Riau yang belum eliminasi malaria. Dua Kabupaten tersebut adalah Kabupaten Pelalawan dan Indragiri Hulu. Sedangkan 10 kabupaten/kota lainnya sudah eliminasi malaria. Eliminasi malaria adalah upaya untuk menghentikan penularan malaria disuatu wilayah tertentu.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau Mimi Yuliani Nazir menyampaikan informasi tersebut setelah menerima sertifikat tongkat estafet malaria dari Dirjen P2P Kemkes.

”Di Riau Alhamdulillah menerima sertifikat eliminasi malaria untuk 3 kabupaten yaitu Inhil, Rohil, Kampar dan Alhamdulillah 10 kab kota sudah eliminasi malaria,” kata Mimi Yuliani Nazir, dilansir potretnews.com dari tribunnews.com.

Sertifikat ini diterima setelah dilakukan assesment atau penilaian oleh tim yang terdiri dari Kemkes, WHO dan beberapa orang konsultan kesehatan ke lokasi di Kabupaten tersebut.

"Dengan ketentuan tidak terdapat kasus malaria penularan setempat selama 3 tahun terakhir dan indikator lainnya Annual Parasite Incidence (API) <1, maksudnya jumlah penderita malaria dengan konfirmasi laboratorium positif pada populasi wilayah tertentu / 1000 penduduk," demikian pernyataan Mimi. ***

Editor:
Akham Sophian

Kategori : Umum, Inhu, Pelalawan
wwwwww