Home > Berita > Inhu

Renungan Hardiknas 2018: Anak-anak di Desa Talangtujuhbuahtangga Indragiri Hulu Harus Berjalan 10 Kilometer Lalui Jalan Rusak ke Sekolah

Renungan Hardiknas 2018: Anak-anak di Desa Talangtujuhbuahtangga Indragiri Hulu Harus Berjalan 10 Kilometer Lalui Jalan Rusak ke Sekolah

Anak-anak di Dusun Empat Desa Talang Tujuh Buah Tangga berjalan menenteng sepatu melati jalan rusak agar bisa sampai ke sekolah.

Rabu, 02 Mei 2018 15:44 WIB
RENGAT, POTRETNEWS.com - Puluhan anak-anak yang tinggal di Dusun Empat, Desa Talangtujuhbuahtangga, Kecamatan Rakitkulim, Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), Riau, ini terpaksa harus berjalan sejauh 10 kilometer agar bisa sampai ke sekolah. Sementara itu, kondisi jalan yang dilalui juga sudah rusak parah. Sehingga saat berjalan ke sekolah, puluhan anak-anak itu harus menenteng sepatu mereka.

Meski begitu, semangat anak-anak tersebut untuk meraih pendidikan yang layak tidak pernah pudar.

Ambarita, salah seorang orangtua siswa di Dusun Empat mengungkapkan bahwa jalan rusak itu sudah lama tidak diperbaiki. ”Kita sudah mengajukan perbaikan jalan kepada pihak desa, namun sampai saat ini jalan itu tidak kunjung diperbaiki. Jadi ke mana dana ADD selama ini," kata dia, dilansir potretnews.com dari tribunnews.com.

Bahkan agar jalan itu bisa digunakan, warga setempat sering bergotong royong menyewa alat berat untuk melakukan perbaikan terhadap jalan tersebut.

Dana menyewa alat berat juga dipungut dari masing-masing warga. Selain itu, kondisi jalan yang rusak parah membuat hasil kebun kelapa sawit warga tidak bisa diangkut melewati jalan itu.

Padahal rata-rata penduduk di Dusun Empat Desa Talang Tujuh Buah Tangga adalah petani. "Hampir lima puluh ton buah (kelapa sawit red) tidak bisa keluar, sehingga membusuk begitu saja," katanya.

Oleh karena itu mereka berharap ada kepedulian pemerintah setempat untuk memperbaiki jalan tersebut. ***

Editor:
Akham Sophian

Kategori : Inhu, Umum
wwwwww