PotretNews.com Rabu 08 Juli 2020
Home >  Berita >  Siak

Kabupaten Siak Siap Gelar Festival Gasing Bertaraf Internasional

Kabupaten Siak Siap Gelar Festival Gasing Bertaraf Internasional

Turnamen Gasing beberapa waktu lalu di Kabupaten Siak.

Rabu, 25 April 2018 15:00 WIB
Sahril Ramadana
SIAK, POTRETNEWS.com - Kabupaten Siak bersiap menghelat festival Gasing bertaraf Internasional tahun 2018 ini. Acara itu digelar demi meningkatkan jumlah pengunjung sekaligus mengembangkan pariwisata daerah.
Sebab rekreasi dan olahraga tradisional diyakini mampu menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung. Apalagi hal itu juga menjadi latar belakang Dinas Pariwisata Kabupaten Siak. Karena dengan membuat event berskala Internasional, diharapkan dapat memberikan manfaat bagi perekonomian masyarakat setempat.

Untuk itu Pemkab melalui Dinas Pariwisata Siak, Rabu (25/4/2018) membentuk panitia Festival Gasing ini di ruang rapat kantor Bupati Siak. Rapat ini dipimpin langusng Kadis Pariwisata Siak Fauzi Asni.

"Festival Gasing ini akan kita laksanakan di Taman Tengku Sarifah Aminah, Kota Siak Sri Indrapura. Nantinya ada dua kategori yang diperlombakan, yaitu Gasing Berembang dan Gasing Jantung," kata Fauzi Asni.

Untuk pendaftaran, kata Fauzi, dimulai dari 16-30 April 2018. Sedangkan pembukaan pada tanggal 4 Mei 2018, dan ditutup tanggal 6 Mei 2018. Acara pembukaan nanti juga sekaligus dengan pelantikan Forum olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (FORMI), dilanjutkan Melinyak Gasing.

"Hadiah sudah disiapkan berupa uang tunai, tropi dan sertifikat. Kegiatan lomba berlangsung selama 2 hari," kata Fauzi.

Pihak panitia juga sudah menyurati seluruh pemerintah daerah kabupaten/kota di Riau, sejumlah provinsi lainnya dan beberapa negara tetangga untuk berpartisipasi memeriahkan festival ini. Untuk itu Fauzi berharap kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik sesuai dengan rencana.

Sementara ketua panitia Festival Gasing Internasional 2018, Arifin mengatakan, ada dua tingkatan permainan gasing yang akan diperlombakan nantinya, yaitu gasing jantung dengan berat 6 Ons, dan gasing berembang.

"Ini merupakan jenis gasing yang sering dijumpai, pada permainan gasing di daerah pesisir dengan ketentuan memiliki berat 8 Ons," ujar Arifin. ***

       
        Loading...    
           
Loading...
www www