Home > Berita > Siak

RSUD Siak Siapkan Akreditasi Standar Mutu Layanan Nasional

RSUD Siak Siapkan Akreditasi Standar Mutu Layanan Nasional

Plt Bupati Siak saat memeberikan arahan di Halaman RSUD Siak.

Selasa, 24 April 2018 15:53 WIB
Sahril Ramadana
SIAK, POTRETNEWS.com - Sebanyak 20 orang perwakilan masing-masing bagian di RSUD Tengku Rafian Siak, Selasa (24/4/2018) berikar menyatakan siap menuju Akreditasi Paripurna versi Standar Nasional Akreditasi Rumah Sakit (SNARS) di halaman rumah sakit setempat. Seluruh dokter, petugas pelayanan kesehatan, Plt Bupati Siak, Direktur RSUD, Kadis Kesehatan, Kepala Bappeda dan Kepala Badan Keuangan Kabupaten Siak, bersama-sama serentak membacakan komitmen tersebut.

Plt Bupati Siak Alfedri saat membuka acara tersebut mengatakan, untuk menuju rumah sakit yang terakreditasi SNARS 2018, maka pihak rumah sakit harus mempersiapkan diri agar nantinya bisa terakreditasi dengan predikat yang diharapkan.

“Waktu kita tinggal lima bulan lagi untuk mempersiapkan segala sesuatunya. Karena itu, mari kita benahi, lengkapi, dan sempurnakan apa yang menjadi persyaratan untuk penilaian akreditasi ini. Sehingga nantinya benar-benar RSUD Siak bisa mendapatkan akreditasi yang kita harapkan bersama,” kata Alfedri.

Alfedri mengakui, memang masih banyak yang perlu dibenahi di RSUD Tengku Rafi'an Siak, sehingga bisa meraih akreditas yang diharapkan. Untuk itu pemerintah daerah berharap pihak RSUD dapat memperhatikan kelengkapan Standar Operasional Prosedur (SOP).

"Kelengkapan manajemen rumah sakit, termasuk memperhatikan keselamatan pasien, keselamatan dokter dan perawat juga harus ada SOP-nya. Kemudian kelengkapan sarana prasarana dan fasilitas umum yang mendukung pelaksanaan rumah sakit juga harus dibenahi," kata dia.

“Ini harus menjadi perhatian kita semua. Saya yakin dengan kita bersama, pasti bisa meraih akreditasi versi SNARS tersebut,” tambahnya.

Sementara itu, Direktur RSUD Tengku Rafi'an Siak dr. Benny Chairuddin menyampaikan, jika semua stakeholder berkomitmen, bukan tidak mungkin RSUD Siak menuju akreditasi SNARS 2018.

”Kami mengucapkan banyak terimakasih kepada pemerintah daerah yang telah menandatangani komitmen bersama dan mendukung RSUD ini menuju akreditasi SNARS 2018,” kata dia.

Tujuan dari akreditasi rumah sakit ini, kata Benny, untuk menilai dan mengukur sejauh mana kepatuhan dari rumah sakit terhadap standar-standar yang sudah disusun oleh Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS). Bahkan untuk menghadapinya, pihak Rumah Sakit sudah jauh-jauh hari telah menyusun dan membentuk tim persiapan akreditasi RSUD Tengku Rafi'an serta sudah di SK-kan oleh Bupati Siak.

“Tim yang dibentuk ini terdiri dari berbagai disiplin ilmu. Ada dari dokter, perawat dan dari sarjana kesehatan lainnya, termasuk dari sarjana ekonomi, dan bagian administrasi," tandas Benny. ***

wwwwww