Home > Berita > Siak

Menteri Sofyan Djalil ke Warga Siak: Angkat Sertifikat Tanahnya Tinggi-tinggi, Ini Asli Ya...

Menteri Sofyan Djalil ke Warga Siak: Angkat Sertifikat Tanahnya Tinggi-tinggi, Ini Asli Ya...

Masyarakat secara serentak mengangkat sertifikat-nya di Gedung Kesenian Siak. (Foto: potretnews/sahril ramadana)

Jum'at, 20 April 2018 15:27 WIB
Sahril Ramadana
SIAK, POTRETNEWS.com - Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala BPN Republik Indonesia Sofyan Djalil menyerahkan sertifikat tanah kepada masyarakat di Kabupaten Siak, Riau, Jumat (20/4/2018). Sofyan Djalil menyerahkan 12 lembar sertifikat secara simbolis kepada masyarakat. Secara keseluruhan, 1000 lembar sertifikat Program Nasional Agraria (Prona) yang dibagikan.

Sofyan Djalil didampingi Plt Bupati Siak Alfedri, BPN Riau/Siak, Ketua DPRD Siak dan pejabat pemerintahan lainnya tiba di Gedung Kesenian Siak sekitar pukul 10.00 WIB. Dilanjutkan dengan sambutan dan penyerahan sertifikat.

Dalam sambutannya, Sofyan Djalil menyampaikan permintaan maaf Presiden RI Joko Widodo karena tidak bisa hadir menyerahkan langsung sertifikat tersebut kepada warga Kabupaten Siak.

"Saya hadir di tengah-tengah masyarakat hari ini mewakili Presiden RI yang berhalangan hadir. Semoga saat sosialisasi kebijakan Tanah Objek Reforma Agraria (TORA) di Siak nanti, Pak Presiden bisa hadir bersama kita," kata Sofyan Djalil, dalam sambutannya.

Sofyan Djalil mengatakan, pemberian sertifikat ini merupakan salah satu program Presiden RI. Ini dilakukan untuk menghindari konflik antara masyarakat dengan perusahan.

"Dengan adanya sertifikat ini, kepastian hukum tanah bapak/ibu sudah jelas. Angkat tinggi-tinggi sertifikat-nya, ini asli ya..," kata dia.

Di Provinsi Riau tahun 2018 ini, lanjut Sofyan Djalil, pemerintah pusat akan menyerahkan sebanyak 155 ribu lebar sertifikat tanah secara gratis kepada masyarakat.

"Naik drastis dibanding 2017 lalu hanya seribu lebih sertifikat. Ini dilakukan sebab pemerintah pusat menargetkan tahun 2025 mendatang permasalahan sertifikat hak milik atas tanah semua rampung," pungkas Sofyan Djalil. ***

wwwwww