Home > Berita > Rohul

Habitatnya Dijadikan Kebun Sawit dan HTI, Harimau Dahan Masuk ke Permukiman Warga Rokan Hulu

Habitatnya Dijadikan Kebun Sawit dan HTI, Harimau Dahan Masuk ke Permukiman Warga Rokan Hulu

Harimau dahan yang masuk ke permukiman warga Desa Kepenuhan Jaya, Kecamatan Kepenuhan Hulu, Rokan Hulu, Riau, diamankan polisi kemudian diserahkan ke BBKSDA Riau. (foto: istimewa)

Rabu, 28 Maret 2018 18:41 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com – Warga Desa Kepenuhanjaya, Kecamatan Kepenuhan Hulu, Kabupaten Rokan Hulu, Riau, dihebohkan dengan munculnya seekor harimau dahan di perkampungan. Satwa yang termasuk dalam spesies neofelis diardi itu masuk ke rumah salah satu warga. Khawatir akan terjadinya korban, warga melaporkan kasus ini ke pihak kepolisian dan Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau. Tidak berapa lama polisi datang ke lokasi dan menangkap satwa dilindungi itu.

"Saat ini harimau dahan sudah diserahkan ke pihak BBKSDA," kata Humas BBKSDA Riau, Dian Indriati, Rabu (28/3/2018), dilansir potretnews.com dari okezone.com.

Dia mengatakan, harimau tersebut masuk ke rumah warga, pada Selasa (27/3/2018) sore. Pemilik rumah langsung berteriak minta tolong ke warga lain. Warga pun memberitahukan hal tersebut ke pihak polisi dan BBKSDA. Pihak Polres Rokan Hulu yang pertama datang ke lokasi berhasil mengevakuasi satwa langka itu.

Selanjutnya, harimau tersebut dibawa ke Mapolresta Rokan Hulu. Kemudian hari ini Kapolres Rokan Hulu AKBP Yusuf Hermanto menyerahkannya satwa tersebut ke petugas BBKSDA Riau.

"Setelah penyerahan tim melakukan pemeriksaan kesehatan harimau dahan tersebut. Selanjutnya satwa itu akan dibawa ke Kantor BBKSDA di Pekanbaru," ucapnya.

Provinsi Riau merupakan daerah yang kaya dengan flora dan fauna. Namun dalam beberapa tahun ini, sejumlah satwa seperti harimau, gajah, beruang, macan dahan, dan sejumlah satwa lain muncul ke pemukiman. Hal itu ditengarai lantaran hutan yang selama ini habitat satwa porak-poranda akibat perambahan liar. Hutan yang dulu luas kini jadi permukiman, kebun sawit, dan hutan tanaman industri (HTI). ***

Editor:
Akham Sophian

Kategori : Rohul, Riau, Umum
wwwwww