Home > Berita > Umum

Belum Ditempati, Bangunan Baru Kantor Camat Dumai Selatan Berbiaya Rp2,9 Miliar Sudah Rusak

Belum Ditempati, Bangunan Baru Kantor Camat Dumai Selatan Berbiaya Rp2,9 Miliar Sudah Rusak

Gedung Kantor Camat Dumai Selatan di Jalan Bukit Datuk Lama terbangkalai, Ahad (25/3/2018).

Rabu, 28 Maret 2018 13:40 WIB
DUMAISELATAN, POTRETNEWS.com - Pihak Dinas Penataan Ruang dan Pekerjaan Umum (PUPR) Kota Dumai Provinsi Riau mengakui ada kerusakan di bangunan baru Kantor Camat Dumai Selatan. Ada sejumlah kerusakan di bangunan berlantai dua Jalan Bukit Datuk Lama, Kota Dumai.

Kebanyakan kerusakan fisik lantaran belum ada yang menempati sejak tahun 2014. Empat tahun berdiri terdapat kebocoran di plafon. Ada juga cat di beberapa bagian yang sudah memudar.

Pihak dinas tidak menampik adanya coretan dari tangan jahil. "Kami pastikan tidak ada kerusakan struktur. Kerusakan di beberapa bagian lantaran belum ada perawatan," terang Kabid Cipta Karya Dinas PUPR Dumai, Riau Satriya, Selasa (27/3/2018), dilansir potretnews.com dari tribunnews.com.

Menurutnya, pihak dinas sudah melihat kondisi terkini bangunan tersebut. Dia menyebut tahun ini pemerintah kota kembali menganggarkan dana untuk melengkapi fasilitas pendukung.

Anggaran ini untuk penuntasan bagian bangunan secara menyeluruh. Anggaran ini juga untuk pembangunan pagar, halaman, ornamen Melayu, menara air hingga jalan masuk.

”Jadi penganggaran kali ini untuk penyelesaian bangunan dan fasilitas pendukung," terangnya.

Aparat kecamatan tersebut belum kunjung menempati bangunan tersebut. Mereka beralasan karena fasilitas di gedung baru belum lengkap.

Sementara itu, dilansir potretnews.com dari riaupos.co, halaman gedung dengan anggaran sekitar Rp2,9 miliar dipenuhi ilalang yang sudah meninggi. Namun gedung itu tidak juga difungsikan.

Informasi yang dihimpun, gedung itu dibangun pada 2014 dengan dana APBD sekitar Rp2,5 miliar yang dimenangkan CV Fahran Mandiri beralamat di Jalan Kamboja. Kemudian dilanjutkan lagi pada 2016 dengan dana Rp400 juta yang dikerjakan oleh CV Tata Karya Lestari beralamat di Jalan Jeruk.

Tidak hanya halaman yang dipenuhi ilalang, gedung juga mulai rusak, bahkan beberapa dinding mulai retak. Gedung itu juga tampak kotor karena tidak dihuni. Bahkan menurut warga setempat gedung itu ketika malam sering digunakan anak muda untuk nongkrong.

”Kalau tidak salah sudah dua tahun, siapnya, tidak tahu kenapa tidak digunakan,” ujar Syamsul warga tempatan.

Dia berharap kantor camat itu segera difungsikan agar masyarakat lebih mudah mendapat pelayanan. Sementara Kantor Camat Dumai Selatan saat ini masih beraktivitas di kantor lama di Jalan Marlan Jaya. Kantor itu cukup kecil untuk melayani aktivitas masyarakat Dumai Selatan.

Kadis PUPR Kota Dumai Syahminan mengatakan tidak begitu mengerti mengenai pembangunan Kantor Camat Dumai Selatan tersebut. Karena saat pembangunan itu dirinya belum menjabat. “Tapi nanti akan saya cari tahu kenapa tidak difungsikan,” tuturnya. ***

Editor:
Akham Sophian

Kategori : Umum, Dumai, Riau
wwwwww