Home > Berita > Riau

Bus DAMRI Trayek Bangkinang-Muara Takus Mulai Beroperasi, Ongkos Gratis Selama Uji Coba

Bus DAMRI Trayek Bangkinang-Muara Takus Mulai Beroperasi, Ongkos Gratis Selama Uji Coba

Minggu, 25 Februari 2018 19:50 Ongkos Gratis Selama Uji Coba, Bus Bangkinang-Muara Takus Mulai Beroperasi Tribun Pekanbaru/ Fernando Sihombing Bus DAMRI trayek Terminal Bangkinang-Candi Muara Takus tiba di Terminal Bangkinang -Minggu-25-2-2018 siang.

Minggu, 25 Februari 2018 20:18 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Bus yang melayani Bangkinang ke Candi Muara Takus Kecamatan XIII Koto Kampar atau sebaliknya atau beroperasi. Bila tidak ada aral melintang, bus perintis trayek ini dijadwalkan mulai melayani penumpang pada Senin, 26 Februari 2018. Kepala Dinas Perhubungan Kampar, Riau, Hambali mengkonfirmasi jadwal tersebut. Ia menyebutkan, dua unit Micro Bus telah tiba di Terminal Bangkinang, Ahad (25/2/2018). "Dua armada sudah tiba. Tinggal jalan besok," katanya, dilansir potretnews.com dari tribunnews.com.

Hambali memaparkan, bus yang berkapasitas 18 tempat duduk itu dilengkapi pendingin udara. Penumpang tidak dipungut ongkos selama masa uji coba yakni dari 26 Februari sampai 3 Maret 2018.

"Jadi, ujicobanya satu minggu, tidak bayar atau gratis," kata Hambali. Setelah uji coba, tarif sekali jalan akan dipungut Rp. 10.000 per orang. Ia mengajak masyarakat dapat memanfaatkan jasa transportasi ini.

Menurut dia, trayek sangat menguntungkan dengan layanan yang belum pernah ada sebelumnya. Selain murah, juga dapat mempermudah masyarakat yang ingin bepergian ke salah satu objek wisata tersebut. Maupun dari wilayah XIII Koto Kampar ke kota.

Menurut Hambali, bus terjadwal dua kali keberangkatan per hari. ‎Baik dari Terminal Bangkinang maupun Candi Muara Takus. Tiap keberangkatan diperkirakan memakan waktu dua jam. "Tapi nggak sampai dua jamlah kalau lalu lintas lancar," katanya.

Untuk diketahui, merujuk aplikasi Google Maps, jarak antara Terminal dan Candi yakni 57 kilometer.

Djawatan Angkoetan Motor Republik Indonesia (DAMRI) adalah perusahaan penyedia armada. Sebelumnya, Kementerian Perhubungan RI melelang perusahaan penyedia yang akan ditunjuk sebagai operator.

DAMRI memenangkan lelang pada kegiatan pengadaan trayek ini. Pemerintah menganggarkan Subsidi Operasional Bus Perintis di Provinsi Riau dengan nilai pagu Rp. 1.235.492.000.

Bersumber dari APBN 2018. Anggaran tersebut bukan hanya trayek Bangkinang-Muara Takus saja. Termasuk di dalamnya Trayek Siak Sri Indrapura-Kandis-Siak.‎ ‎

Berikut jadwal keberangkatannya:
Dari Terminal Bangkinang
1. Pukul 09.00 WIB perkiraan tiba 11.00 WIB
2. Pukul 13.00 WIB perkiraan tiba 15.00 WIB

Dari Candi Muara Takus
1. Pukul 06.30 WIB perkiraan tiba Pukul 08.30 WIB
2. Pukul 15.00 WIB perkiraan tiba pukul 17.00 WIB. ‎***

Editor:
Akham Sophian

Kategori : Riau, Kampar, Umum
wwwwww