Masih Saja Ada Warga Desa Kepenuhanbaru Rokan Hulu yang Bakar Hutan untuk Buka Kebun Sawit, Begini Akibatnya

Masih Saja Ada Warga Desa Kepenuhanbaru Rokan Hulu yang Bakar Hutan untuk Buka Kebun Sawit, Begini Akibatnya

Ilustrasi.

Kamis, 22 Februari 2018 09:42 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Seorang warga ditangkap karena buka kebun sawit dengan cara membakar di Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) Provinsi Riau. Padahal pihak kepolisian sudah berulang kali menangkap kasus kebakaran lahan dan hutan (karhutla). "Kita telah mengamankan seorang warga yang membuka kebun sawit dengan cara dibakar akhir pekan kemarin. Beruntung api bisa segera kita padamkan di lokasi, jika tidak, maka tentunya akan meluas ke mana-mana," kata Kasat Reskrim Polres Rohul, AKP Harry Avianto, Kamis (22/2/2018), dilansir potretnews.com dari detikcom.

Warga yang diamankan itu berinisial S (50) warga Desa Kepenuhanbaru, Kecamatan Kepenuhan, Rohul. Dari tangan pelaku disita barang bukti berupa korek api, ban bekas sepeda motor dan kayu.

"Ban bekas ini berfungsi untuk membakar lahan yang akan dijadikan kebun sawit," kata Harry.

Berdasarkan hasil pantauan hotspot adanya titik api Kecamatan Kepenuhan pada akhir pekan lalu. Lantas tim melakukan penelusuran untuk mencari titik api tersebut.

"Saat ditemukan, kita melihat asap sudah membubung. Tim berupaya untuk melakukan pemadaman secepatnya. Apipun berhasil dipadamkan," kata Harry.

Dari sana, pihak kepolisian lantas melakukan penyelidikan atas kepemilikan lahan. Seorang pria insial S berhasil diamankan di dalam gubuk yang tak jauh dari lokasi yang terbakar.

"Hasil pemeriksaan, S mengakui perbuatannya sengaja membakar lahan. Dia berencana untuk membuka kebun sawit seluas dua hektare. Lokasi kebakaran sudah kita beri plang untuk proses penyedikan," demikian Harry. ***

Editor:
Akham Sophian

wwwwww