Home > Berita > Siak

Lahan Semak Belukar Seluas 5 Hektar Terbakar di Kampung Penyengat Siak

Lahan Semak Belukar Seluas 5 Hektar Terbakar di Kampung Penyengat Siak

Petugas saat memadamkan api. (foto: istimewa)

Rabu, 21 Februari 2018 23:33 WIB
Sahril Ramadana
SIAK, POTRETNEWS.com  - Kebakaran lahan terjadi di Kampung Penyengat, Kecamatan Sungaiapit, Siak, Riau, Rabu (21/2/2018). Kurang lebih sebanyak 5 hektar lahan tidur ditumbuhi semak belukar hangus terbakar. "Pemilik lahan ini masih proses lidik. Kondisi lahan gambut dan hanya ditumbuhi semak belukar," kata Kapolres Siak AKBP Barliansyah, dalam keterangan tertulis kepada potretnews.com, Rabu malam.

Satu unit mesin Robin Fire Pump milik Polsek Sungaiapit, satu unit mesin pompa air mini Tracker milik Satgas MPA Kampung Penyengat, satu unit mesin pompa air Maxtri milik PT. RAPP, satu unit mesin pompa air Maxtri dan seunit mini Striker milik Manggala Agni, satu unit mesin pompa air Tohatsu milik Damkar Sungaiapit, satu unit mesin pompa air mini Striker milik RPK PT. Arara Abadi serta satu unit alat Excavator merk Hitachi dikerahkan untuk matikan api di lahan tersebut.

"Kita langsung melakukan pendinginan dan membuat sumur manual di sepanjang lokasi. Selain personel Polisi, pemadaman ini juga di bantu sejumlah perajurit TNI, Satpol PP Siak, Maggala Agni Siak, MPA Kampung Penyengat, Damkar Sungai Apit, RPK PT. RAPP serta sejumlah perangkat Kampung Penyengat," ujar Kapolres Siak.

Secara umum, lanjut Barliansyah, api di atas permukaan sudah tidak ada, namun masih menimbulkan asap. Sementara areal lahan yang terbakar sudah diblok dengan menggunakan alat berat Excavator merk Hitachi dan membuat parit di sekeliling areal lahan, sehingga rambatan api di bawah tanah gambut tidak melebar.

"Sekira pukul 19.30 WIB tadi, upaya pendinginan dihentikan karena sudah malam dan akan dilanjutkan besok pagi," ungkap Barliansyah. ***

wwwwww