Home > Berita > Rohul

Pemkab Rokan Hulu Kecolongan Kasus Gizi Rendah

Pemkab Rokan Hulu Kecolongan Kasus Gizi Rendah

Ilustrasi.

Senin, 19 Februari 2018 08:12 WIB
ROKAN HULU, POTRETNEWS.com - Pihak DPRD Provinsi Riau menilai, Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) kecolongan terkait adanya temuan kategori anak gizi rendah. Sebagaimana diketahui, Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat Kementrian Kesehatan RI, Oscar Permadi beberapa waktu lalu mengungkapkan, ada 9 provinsi terendah, dalam kesadaran masyarakat akan gizi, salah satunya adalah Riau.

Sementara itu, data dari Dinas Kesehatan Provinsi Riau, ada 10 desa di Rohul yang masuk catatan Kemenkes RI terkategori gizi rendah, yakni, Senaming, Sukamaju, Tambusai Timur, Kepenuhan Hilir, Ulak Patian, Rambahsamo, Margamulya, Telukaur, Bangunpurba Barat dan Desa Kepayang.

Sebanyak 10 desa tersebut berada di 6 Puskesmas, yakni Puskesmas Rambah, Tambusai, Kepenuhan, Rambahsamo I, Bangunpurba, dan Puskesmas Kepenuhan Hulu.

Wakil Ketua DPRD Riau, Sunaryo mengatakan, pihaknya meminta langkah cepat pemerintah daerah melalui dinas kesehatan, agar masalah gizi rendah ini segera diatasi.

"Seharusnya, masalah gizi rendah ini tidak boleh terjadi dan pemerintah daerah bersama Dinas Kesehatan harus segera menuntaskan persoalan itu," kata Sunaryo, Ahad (18/2/2018), dilansir potretnews.com dari tribunnews.com.

Dikatakannya, jika pemda setempat menggerakan program kesehatan melalui posyandu dengan maksimal, otomatis akan ada pemantauan secara rutin, dan tidak akan ditemukan anak gizi buru ataupun gizi rendah tersebut.

"Kita harapkan ini bisa cepat teratasi, dan ke depan persoalan ini tidak ditemukan lagi di Provinsi Riau," tuturnya. ***

Editor:
Akham Sophian

Kategori : Rohul, Riau, Umum, Pemerintahan
wwwwww