Home > Berita > Umum

Bidik 6,5 Juta Wisatawan Nusantara, Pemprov Riau Luncurkan Kalender Acara Pariwisata 2018

Bidik 6,5 Juta Wisatawan Nusantara, Pemprov Riau Luncurkan Kalender Acara Pariwisata 2018

Festival Bono masuk dalam kalender acara pariwisata 2018.

Senin, 12 Februari 2018 21:16 WIB
JAKARTA, POTRETNEWS.com - Kementerian Pariwisata bersama dengan Pemerintah Provinsi Riau merilis kalender acara pariwisata Provinsi Riau 2018 guna meraih target kunjungan 60.824 wisatawan mancanegara dan 6,55 juta wisatawan nusantara ke Riau pada tahun ini. Menteri Pariwisata Arief Yahya mengapresiasi langkah Pemprov Riau yang mulai menata pariwisatanya secara serius, setelah sebelumnya daerah tersebut lebih mengandalkan sektor migas sebagai penopang pendapatan asli daerah (PAD).

"Launching Calender of Event Riau ini merupakan wadah strategis dalam mempromosikan event tahunan yang diadakan di Provinsi Riau sepanjang tahun 2018," ujarnya, Senin (12/2/2018) malam, dilansir potretnews.com dari bisnis.com.

Menurutnya, peran pemimpin daerah menentukan sekitar 50% kesuksesan daerah dalam mengembangkan sektor pariwisatanya. Dia menilai, keseriusan pemda salah satunya akan terlihat dari besarnya anggaran yang dialokasikan untuk sektor pariwisata.

Adapun acara launching kalender acara Provinsi Riau 2018 mengangkat tema "Svara Jiva Riau Menyapa Dunia", yang berarti sesuatu yang kecil akan menjadi besar, tbuh dan berkembang kuat

Sebagai gambaran, kalender acara Riau memuat 64 acara unggulan pariwisata, di mana tiga acaranya telah bertaraf internasional yaitu Bakar Tongkang, Festival Bono, dan Pacu Jalur. Ketiga acara ini juga termasuk ke dalam 100 acara nasional Wonderful Indonesia.

Bakar Tongkang yang akan berlangsung di Bagansiapi-api pada 29-30 Juni 2018 merupakan tradisi masyarakat Tionghoa, sementara Festival Bono merupakan kegiatan mengarungi gelombang dengan menggunakan perahu kayu, yang rencananya berlangsung di Kecamatan Teluk Meranti pada 24-25 November 2018.

Sementara itu, Pacu Jalur adalah perlombaan mendayung di sungai dengan menggunakan perahu dari kayu, yang akan diadakan di Kabupaten Kuantan Singingi pada 22-25 Agustus 2018. ***

Editor:
Akham Sophian

Kategori : Umum, Riau
wwwwww