Home > Berita > Riau

Tol Padang-Pekanbaru Dibangun 5 Tahap

Jum'at, 09 Februari 2018 19:53 WIB
tol-padangpekanbaru-dibangun-5-tahapGubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman mendampingi Presiden Jokowi memencet tombol Groundbreaking Tol Padang-Pekanbaru.
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman mendampingi Presiden Joko Widodo dan Menteri Basuki pada acara GroundBreaking Jalan tol Padang- Pekanbaru, Jumat (9/2/2018) di Jalan Bypass Kota Padang. Tol Padang-Pekanbaru rencananya dibangun sepanjang 253 Km dengan Total Anggaran sebesar Rp78 Triliun. "Pembangunan jalan Tol Padang-Pekanbaru akan diselesaikan dalam 5 tahap," ucap gubernur yang akrab disapa Andi Rachman.

Dijelaskan, tahap pertama Padang-Sicincin, tahap kedua Sicincin-Payakumbuh, tahap tiga Payakumbuh- Pangkalan, tahap empat Pangkalan-Bangkinang, dan tahap 5 Bangkinang-Pekanbaru.

"Untuk tahap pertama akan dilaksanakan pembangunan jalan tol Padang- Sicincin," ungkap Andi. Sebelumnya, Presiden Jokowi saat groundbreaking jalan tol tersebut menjelaskan, jalan Tol Padang-Pekanbaru akan memiliki terowongan terpanjang yang akan menembus Bukit Barisan.

"Untuk terowongan saja akan menghabiskan 9 Triliun," ujar presiden. Presiden menyampaikan, jalan tol ini akan membuka akses, baik dari Padang Pekanbaru, ataupun dari Pekanbaru Padang. "Meski menelan biaya yang sangat besar, tapi keberadaan jalan tol ini akan menggerakkan semua sektor," ungkap Jokowi.

Gubernur Riau Andi Rachman, mengucapkan terima kasih kepada Presiden Jokowi atas dimulainya pembangunan jalan tol tersebut. "Ini mimpi yang menjadi kenyataan. Jalan Tol ini akan menggerakkan ekonomi di kedua provinsi. Riau dan Sumbar," ucap Andi. (rls)

wwwwww