Sempat Mangkrak, Proyek Jembatan Siak Sepanjang 834 Meter yang Menghubungkan Pusat Kota Pekanbaru ke Kecamatan Rumbai Dilanjutkan

Sempat Mangkrak, Proyek Jembatan Siak Sepanjang 834 Meter yang Menghubungkan Pusat Kota Pekanbaru ke Kecamatan Rumbai Dilanjutkan

Jembatan Siak IV di Kota Pekanbaru. (foto: riaupos)

Senin, 05 Februari 2018 11:51 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Jembatan Siak IV yang akan menghubungkan pusat kota Pekanbaru ke Kecamatan Rumbai sempat mangkrak selama tiga tahun. Gubernur Riau, Arsyadjuliandi (Andi) Rachman akan menuntaskan tahun 2018 ini untuk memperlancar transportasi kota.

Jembatan Siak IV ini sebenarnya sudah diproyeksikan sejak tahun 2009 silam. Hanya saja, pada tahun 2014 lalu, Gubernur Riau, Annas Maamun menghentikannya pembangunan jembatan dengan alasan ada dugaan penyimpangan dana. Padahal di lokasi itu sudah bangun kontruksi jembatan.

Tapi hasil audit, menyatakan bahwa pembangunan tersebut tidak ada merugikan keuangan negara. Dari sana Pemprov Riau kembali untuk melanjutkan.

Jembatan ini berada di jantung kota di Jl Sudirman yang akan menghubungkan ke Kecamatan Rumbai. Bila jembatan ini bisa terselesaikan, maka ini akan menjadi jalur alternatif yang bakal ramai dilalui masyarakat.

Gubernur Riau Andi Rachman mengatakan, bahwa jembatan yang sempat terbengkalai ini akan segera dituntaskan dan diprediksi bisa difungsikan pada November 2018 mendatang.

"Kita komit untuk menyelesaikan jembatan ini dan mudah-mudahan pada November tahun ini sudah difungsikan," kata Andi Rachman, Senin (5/2/2018), dilansir potretnews.com dari detikcom.

Andi menjelaskan, jembatan Siak IV ini memiliki panjang sekitar 834 meter dengan lebar 18,5 meter. Sebagian kontruksi jembatan dari sisi sungai sudah sudah lama dikerjakan. Saat ini hanya akan menyambung bagian tengahnya. Dari segi kontruksi jembatan sejak dihentikan, sudah terbangun 79 persen.

"Nanti fasilitas pendukung jembatan akan kita bangun juga untuk mempercantik bangunannya. Akan ada taman di sisi bidang jembatan," kata Andi Rachman.

Proyek lanjutkan pembangunan jembatan ini, kata Andi akan dikerjakan BUMN PT Brantas Abipraya. Total anggaran pengerjaan sebesar Rp 107 miliar dalam anggaran APBD Riau.

"Jika sudah selesai, hal ini akan mendorong roda perekonomian masyarakat sekitar. Jembatan ini adalah milik masyarakat, maka di aliran sungai Siak ini harus kita jaga bersama supaya bermanfaat untuk jangka panjang," demikian Andi Rachman. ***

Editor:
Akham Sophian

Kategori : Pemerintahan, Umum, Riau
wwwwww