Jelang Pilgubri, 224 Orang Panwaslu Desa/Kelurahan se-Kuantan Singingi Resmi Dilantik

Jelang Pilgubri, 224 Orang Panwaslu Desa/Kelurahan se-Kuantan Singingi Resmi Dilantik

Panwaslu Desa/Kelurahan se-Kuansing saat dilantik.

Kamis, 18 Januari 2018 21:01 WIB
Teddy Gps
TELUKKUANTAN, POTRETNEWS.com - Jelang Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Riau yang akan dilaksanakan pada 27 Juni 2018 mendatang, Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) se-Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) mulai berbenah, dengan membentuk Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) tingkat desa dan kelurahan. Sebanyak 224 orang Panwaslu Desa/Kelurahan di Kabupaten Kuansing resmi dilantik, dan diambil sumpahnya pada (16-17 Januari 2018) kemarin. Acara pelantikan dan pengambilan sumpah Panwaslu desa/kelurahan itu dilaksanakan di 15 kecamatan di Kabupaten Kuantan Singingi.

Kordinator Divisi SDM dan Organisasi Panwaslu Kuantan Singingi, Nur Afni SSos menyebutkan, sesuai dengan timeline perekrutan panwaslu kelurahan/desa yang penyebutannya sudah diubah sesuai dengan UU Nomor 7 Tahun 2017, rekrutmen panwaslu kelurahan/desa di 15 kacamatan di Kabupaten Kuansing selesai dilaksanakan.

”Tahapan dimulai dari pengumuman sejak 20 sampai 26 Desember 2017, penerimaan berkas dan penelitian administrasi dimulai 23 sampai 28 Desember 2017. Adapun pengumuman kelulusan administrasi calon panwaslu kelurahan/desa dilakukan pada 3 Januari 2018, melalui media sosial dan langsung ditempel di masing-masing desa dan kelurahan di setiap Kecamatan,” ujar Afni.

Selanjutnya, Nur Afni menerangkan, bahwa tes wawancara dilakukan tanggal 4 sampai 9 Januari 2018. Di tiga kecamatan, yaitu sebanyak 5 desa ada yang belum terdapat calon panwaslu kelurahan/desa dikarenakan tidak ada pendaftar dan belum memenuhi syarat pendaftar di desa tersebut. Sehingga, kekosongan akan diisi sementara oleh panwaslu kecamatan masing-masing sampai dengan direkrutnya kembali calon pengawas tersebut.

Sementara itu, Pelantikan Panwaslu Desa/Kelurahan se-Kabupaten Kuantan Singingi berjalan dengan lancar. Dalam 2 hari, yakni 16-17 Januari 2018 acara pelantikan dan pengambilan sumpah panwaslu desa/kelurahan di 15 kecamatan selesai digelar oleh panwaslu kecamatan masing-masing.

Acara yang turut dihadiri oleh camat, kapolsek, danramil dan para kepala desa di 15 kecamatan tersebut juga diisi dengan orientasi dan pembekalan dari 3 orang Komisioner Panwaslu Kabupaten Kuansing pada koordinasi wilayah kerjanya masing-masing. ***

Kategori : Peristiwa, Umum, Kuansing, Riau
wwwwww