Melongok Belo Kampung, Tradisi Warga Bengkalis Sambut Tahun Baru

Melongok <i>Belo Kampung</i>, Tradisi Warga Bengkalis Sambut Tahun Baru

Ilustrasi/Foto Pergantian Tahun atau Tahun Baru (foto: iStockphoto)

Selasa, 02 Januari 2018 11:41 WIB
BENGKALIS, POTRETNEWS.com - Dalam perayaan tahun baru 2018, warga Kelurahan Seipakning Kecamatan Bukitbatu, Kabupaten Bengkalis, Riau menggelar "Belo Kampung", Ahad (31/12/2017). "Belo Kampung ini dimulai sekira pukul 21.00 WIB dan selesai sekira pukul 22.00 WIB, dilaksanakan dengan cara berjalan kaki dan berzikir serta salawat," kata Kapolsek Bukitbatu melalui Kanit Intel Dedi Hartato, Senin (1/1/2018).

Aksi Belo Kampung tersebut dipimpin oleh pengurus Masjid Al-Huda Gawar-Gawar, Kelurahan Seipakning, Kecamatan Bukitbatu, Bengkalis, Bapak Mustafa AJ.

Dia melanjutkan, Belo Kampung tersebut dilakukan dengan cara mengelilingi kampung berjalan kaki. Adapun rute yang dilalui para warga yang bersalawat dan berzikir sepanjang jalan tersebut dimulai dari Masjid Raya Al-Amin Jalan Jend. Sudirman sampai ke Pasar Baru Jalan Jend. Sudirman Bukitbatu, Bengkalis.

"Jumlah peserta yang melaksanakan "Belo Kampung" ini sekira 40 orang," katanya, dilansir potretnews.com dari antara via liputan6.com.

Dia menjelaskan, zikir yang diberi nama "Belo Kampung" atau menjaga kampung dari orang yang ingin berniat tidak baik dalam kampung tersebut merupakan tradisi turun-temurun di desa itu.

Belo kampung ini, dia melanjutkan, bertujan untuk mengusir makhluk, baik jin maupun manusia, yang mempunyai niat yang tidak baik apabila masuk dalam kampung. "Alhamdulillah, selama giat ini lalu lintas lancar, dan situasi aman dan kondusif," tuturnya.

Bakar Ayam Massal
"Kita bakar ayam saja, bersama warga satu gang ini," kata warga Desa Airputih, Maryam di Bengkalis, Senin (1/1/2018).

Selain Maryam bersama teman-temannya yang membakar ayam dalam rangka pergantian tahun baru tersebut, di lapangan pasir kota Bengkalis juga diwarnai dengan aksi bakar ayam bersama. "Sengaja bawa ayam bakar di sini ramai-ramai, bersama teman-teman," kata salah seorang anak muda yang sedang menyiapkan panggangannya di Lapangan Pasir Kota Bengkalis.

Sementara itu, Kepala Desa Sekodi juga menggelar aksi yang sama bersama anggota aparat desanya.

Untuk memeriahkan pergantian tahun, serta mencegah dari hal yang negatif, Kades Sekodi ini menggelar bakar ayam dengan menyediakan puluhan kilo daging ayam untuk dibakar bersama. "Kita bakar ayam, bersama teman-teman, kita siapkan sekitar 20 kilogram ayam untuk bakar bersama," ucap Kepala Desa Sekodi, Zamri.

Sementara itu, dari pantauan Antara, di Jalan Pramuka, hampir di setiap halaman rumah di jalan tersebut melakukan aksi bakar ayam, serta ikan bersama. Begitu juga di Jalan Laksmana, Damon, banyak yang menggelar aksi bakar ayam untuk memeriahkan malam pergantian tahun. ***

Editor:
Akham Sophian

wwwwww