Bocah Perempuan Berusia 6 Tahun di Rokan Hulu Diduga Terserang Virus Difteri

Bocah Perempuan Berusia 6 Tahun di Rokan Hulu Diduga Terserang Virus Difteri

Ilustrasi. (sumber: internet)

Minggu, 24 Desember 2017 18:07 WIB
ROKAN HULU, POTRETNEWS.com - Seorang bocah di Desa Pasir Makmur Kecamatan Rambah Samo Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) Provinsi Riau, bernama Yola Indriani (6) diduga terserang virus difteri. Untuk memastikan positif atau tidaknya pasien tersebut menderita difteri, Kamis (22/12/2017) pasien mendapat penanganan di RSUD Rohul untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut di ruang isolasi.

Sebelum dibawa ke RSUD Rohul, pasien suspek dibawa oleh orangtuanya berobat ke praktik dokter, tidak melalui Puskesmas. ”Hasil diagnosa sementara, pasien adalah suspek difteri. Kamis (22/12/2017) malam, kemudian pasien dirujuk ke RSUD Rohul. Tapi, orangtua pasien meminta anaknya dibawa pulang untuk dirawat di rumah’’ ujar Kepala Dinas Kesehatan Rohul, dr Bambang Triono, Sabtu (23/12/2017).

Dikatakan dr Bambang Triono, pihak Dinas Kesehatan Provinsi Riau telah mengambil sampel darah pasien tersebut untuk dilakukan uji laboratorium. Langkah ini diambil untuk memastikan apakah pasien terserang penyakit difteri atau tidak.

”Kita dapat laporan dari petugas di lapangan, adanya seorang anak di Pasir Makmur yang diduga memiliki gejala sama dengan penyakit difteri. Untuk kepastiannya, kita masih menunggu hasil tes laboratorium,” ucapnya.

Menurut dr Bambang lagi, awalnya pasien berobat ke praktik pribadi dokter di Kecamatan Rambah, karena sudah beberapa hari mengalami demam. Namun, dari pemeriksaan dokter, gejala yang ditunjukkan anak tersebut mengarah kepada suspek difteri.

”Kita sudah melaporkan dugaan kasus suspek difteri ke Diskes Riau. Hari ini (Sabtu, red) tim Diskes Riau turun ke Rohul untuk mengambil sampel pasien guna memastikan apakah pasien positif menderita difteri atau tidak,” sebutnya lagi, seperti dilansir dari riaupos.co.

Dikatakannya, jika hasil labor menyatakan positif, ini merupakan kasus difteri yang pertama di Rohul. Bila nantinya berdasarkan hasil usapan tenggorokan positif ditemukan kuman difteri, maka pasien akan dinyatakan positif difteri. Namun, pihak Dinkes Rohul sudah melakukan penyelidikan epidemiologi di sekitar lingkungan pasien. ***

Editor:
Akham Sophian

Kategori : Peristiwa, Umum, Riau, Rohul
wwwwww