Home > Berita > Riau

Festival Bukit Tiga Puluh, Cara Bupati Yopi Arianto Promosikan Budaya Lokal agar Indragiri Hulu Semakin Dikenal

Rabu, 20 Desember 2017 22:16 WIB
Advertorial
festival-bukit-tiga-puluh-cara-bupati-yopi-arianto-promosikan-budaya-lokal-agar-indragiri-huluBupati Indragiri Hulu Yopi Arianto memukul gong sebagai penanda dibukanya Festival Bukit Tiga Puluh, Rabu (13/12/2017).
INDRAGIRI HULU, POTRETNEWS.com - Berbagai cara dilakukan Pmerintah Kabupaten (Pemkab) Indragri Hulu (Inhu) Provinsi Ria untuk mempromosikan kebudayaan lokal. Salah satunya dengan menggelar Festival Bukit Tiga Puluh (BTP). Acara yang dilangsungkan di Desa Rantau Langsat, Kecamatan Batang Gansal digelar dalam rangka memperkenalkan budaya yang hidup di kawasan itu.

Festival ini juga dimaksudkan untuk mendongkrak kunjungan wisatawan ke Kabupaten Indragiri Hulu, khususnya areal sekitar Taman Nasional Bukit Tiga Puluh.

”Harapannya Festival Bukit Tiga Puluh ini akan menjadi embrio tujuan wisata ke Kabupaten Indragiri Hulu,” kata Bupati Yopi Arianto, kepada potretnews.com, baru-baru ini.

https://www.potretnews.com/assets/imgbank/21122017/potretnewscom_jm99p_1134.jpg
Bupati Indragiri Hulu Yopi Arianto beserta rombongan memasuki Desa Rantau Langsat, Kecamatan Batang Gansal untuk membuka Festival Bukit Tiga Puluh, Rabu (13/12/2017).

Acara yang digelar selama dua hari sejak Rabu (13/12/2017) hingga Jumat (17/12/2017) ini menyelenggarakan aneka lomba dalam upaya menghidupkan budaya lokal, yakni, lomba pacu sampan, lomba pacu rakit, lomba memancing, lomba tancap tombak, dan lomba kesenian irama gambus.

Kemudian, penyelenggara juga menggelar lomba fotografi, lomba gasing, lomba fotografi, dan lomba gasing. lomba kesenian gerak silat, lomba membuat kerajinan tangan, lomba sumpit, dan lomba mountain bike.

https://www.potretnews.com/assets/imgbank/21122017/potretnewscom_7rmau_1135.jpg
Bupati Indragiri Hulu Yopi Arianto menyalami warga yang menyambutnya.

Kedatangan orang nomor satu di Indragiri Hulu dan pernah menjadi bupati di Indonesia disambut antusias warga setempat. Setibanya di tempat acara, Yopi yang hadir bersama Ketua DPRD Miswanto SE, Plt Sekda Inhu Ir H Hendrizal MSi, Kadisporapar Inhu Drs Armansyah, Kasatpol PP Inhu, dan pejabat pemkab lainnya, menyalami satu per satu orang yang menyambutnya.

Mulai dari unsur forum koordinasi pimpinan kecamatan, para kepala desa se-Kecamatan Batang Gansal, tokoh masyarakat hingga warga biasa, semua disapa oleh pria yang pernah menjadi Anggota DPRD Riau ini. Tidak sekadar itu, Yopi juga melayani permintaan warga yang mengajaknya berfoto.

https://www.potretnews.com/assets/imgbank/21122017/potretnewscom_8btur_1136.jpg
Bupati Indragiri Hulu Yopi Arianto beserta rombongan disambut atraksi pencak silat.

Dalam sambutannya sebelum membuka event itu, bupati mengatakan bahwa masyarakat Indragiri Hulu sangat bangga akan kebudayaan dan ciri khas tradisional yang dimiliki. Apalagi menurut dia, destinasi wisata alam seperti Bukit Tiga Puluh yang ada di Desa Rantau Langsat Batang Gansal berpotensi menjadi salah satu primadona di Riau.

”Oleh karena itu, mari kita bersama-sama menjaga kebudayaan yang ada di daerah ini dan mengembangkan serta mempromosikan wisata alamnya khususnya di sekitar Taman Nasional Bukit Tiga Puluh ini,” ajak Yopi.

Masih dalam uraian pidatonya, bupati menyebut bahwa Festival Bukit Tiga Puluh tidak sekadar ajang promosi budaya dan pariwisata, melainkan juga sebagai momentum untuk menguatkan kebersamaan sesama warga Kabupaten Indragiri Hulu.

”Sebagai perwujudan kebersamaan itu, kita harus memastikan event ini berlangsung dengan sukses dan aman. Mari kita bantu pihak bapak-bapak polisi dan TNI untuk mengamankan perhelatan ini,” tutur Bupati H Yopi Arianto SE.

https://www.potretnews.com/assets/imgbank/21122017/potretnewscom_ay8wx_1137.jpg
Bupati Indragiri Hulu Yopi Arianto menyampaikan sambutan sebelum membuka Festival Bukit Tiga Puluh.

Usai pidato, bupati yang didampingi beberapa undangan kehormatan melakukan pemukulan gong sebagai penanda dibukanya Festival Bukit Tiga Puluh.

Seorang warga yang hadir pada pembukaan festival mengaku senang lantaran destinasi wisata di kawasan itu semakin dikenal publik di luar Indragiri Hulu. ”Festival Bukit Tiga Puluh salah satu promosi efektif agar budaya dan destinasi wisata di daerah ini cepat dikenal. Semoga ke depan pak bupati memberikan perhatian penuh,” ujarnya. (adv)

wwwwww