Home > Berita > Riau

Siapa Saja Perambah yang Menguasai Lahan di Kawasan Taman Nasional Tesso Nilo Sudah Diketahui Kementerian LHK

Siapa Saja Perambah yang Menguasai Lahan di Kawasan Taman Nasional Tesso Nilo Sudah Diketahui Kementerian LHK

Kawasan Taman Nasional Tesso Nilo (TNTN) pagi ini, Kamis (12/1/2017) ditemukan kembali dalam kondisi berasap akibat kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Senin, 18 Desember 2017 12:27 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Siapa saja perambah yang menguasai sejumlah lahan di kawasan Taman Nasional Tesso Nilo (TNTN) saat ini sudah diketahui secara gamblang oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK). Setidaknya database nama penguasa lahan di kawasan hutan taman nasional tersebut telah dikantongi oleh Tim Revitalisasi TNTN.

Tim yang masa bekerja selama dua tahun tersebut berakhir masa tugasnya September lalu, lantas apa hasilnya. Sampai saat ini secara resmi, KLHK belum juga menyampaikan hasil kerja tim revitalisasi tersebut kepada publik.

Dilansir potretnews.com dari tribunnews.com, media memperoleh hasil kinerja tim tersebut dari salah satu anggota tim yang turut serta bekerja, Yayasan Kaliptra Andalas.

"Kita sudah dapatkan nama-nama yang menguasai dan memiliki areal di TNTN. Cukongnya ada dari Australia, India, dan Malaysia jumlahnya ratusan hektar," ungkap Romes Irawan selaiu Direktur Kaliptra Andalas, Ahad (17/12/2017).

Kawasan TNTN yang dikuasai oleh cukong dan oknum tersebut merupakan bekas HPH PT. Siak Raya Timber dan Sola Ria Lestari.

Dalam Surat Keputusan Pembentukan Tim Revitalisasi TNTN telah disebutkan solusi atas persoalan ini, hanya saja hingga berakhir masa tugas tim tersebut, solusi itu tak kunjung dilakukan.

"Hasilnya kita berikan ke Penegakan Hukum (Gakum KLHK, red). Mereka harus ikut hasil tim revitalisasi," tandas Romes. ***

Editor:
Sahril Ramadana

wwwwww