Panwaslu se-Kuantan Singingi Siap Awasi Verifikasi Faktual Parpol

Senin, 18 Desember 2017 15:05 WIB
panwaslu-sekuantan-singingi-siap-awasi-verifikasi-faktual-parpolSuasana Raker Pengawasan Verifikasi Faktual Parpol calon peserta Pemilu Tahun 2019.
TELUKKUANTAN, POTRETNEWS.com - Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kuantan Singingi (Kuansing) melaksanakan Rapat Kerja Pengawasan Verifikasi Faktual Partai Politik calon peserta Pemilu Tahun 2019, Minggu (17/12/2017) di Balai Diklat Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi. Acara diikuti oleh Panwaslu Kecamatan se-Kuansing dan staff dari Divisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga. Acara yang dibuka oleh Ketua Panwaslu Kabupaten Kuantan Singingi, Mardius Adi Saputra dan sebagai Narasumber Kordinator Divisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga Panwaslu Kuansing, Teddy Niswansyah dan Rizki Kurniawan serta Azhar dari Bawaslu Provinsi Riau ini menitikberatkan terhadap pengawsan yang akan dilakukan pengawas pemilu terhadap Verifikasi Faktual Keanggotaan Partai Politik yang akan dilakukan mulai 15 Desember 2017 - 4 Januari 2018 oleh KPU Kuansing.

Teddy Niswansyah dalam presentasinya menyebutkan ”alat kerja pengawasan harus diisi dengan cermat oleh Panwaslu Kecamatan untuk memastikan setiap peristiwa dalam praktek Verifikasi Faktual yang dilakukan oleh Verifikator dari KPU” imbuhnya.

Selanjutnya Teddy menambahkan, ”Pengawas harus mampu memastikan dalam Verifikasi Faktual keanggotaan Parpol, mencatat nama, NIK dan alamat, kemudian anggota parpol yang dapat menunjukkan KTA dan e-KTP, memastikan anggota Parpol yang tidak menyatakan keanggotaannya dan tidak bersedia tanda tangan dituangkan pada lampiran 4 Formulir Model BA.FK.KPU.KAB/KOTA-PARPOL dan yang tidak dapat ditemui serta tidak dapat ditemui tetapi anggota keluarga yang mengenal bersedia membubuhkan tanda tangan sebagai bukti bahwa verifikator lapangan telah datang” kata Teddy.

”Prinsipnya, Panwaslu Kabupaten Kuantan Singingi siap mengawasi pelaksanaan Verifikasi Faktual Keanggotaan Parpol di Kabupaten Kuantan Singingi” terang Teddy di sela acara berlangsung. (rls)

wwwwww