Home > Berita > Riau

Cegah Kriminalitas Jalanan, Kapolda Riau: Lumpuhkan di Tempat jika Nyawa Masyarakat dan Petugas Terancam!

Senin, 11 Desember 2017 13:11 WIB
cegah-kriminalitas-jalanan-kapolda-riau-lumpuhkan-di-tempat-jika-nyawa-masyarakat-dan-petugasKapolda Riau, Irjen Nandang.
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Kepolisian Daerah (Polda) Riau merespons terkait maraknya aksi kriminalitas jalanan, jelang akhir tahun. Jika dianggap sudah mengancam nyawa masyarakat dan petugas, langkah tegas pun segera dilakukan, termasuk upaya melumpuhkan ditempat. Hal tersebut ditegaskan langsung oleh Kapolda Riau Irjen Nandang melalui Kabid Humas Kombes Guntur Aryo Tejo, Senin (11/12/2017) siang. Tindakan itu dirasa perlu dilakukan, jika aksi kejahatan di jalanan sudah mengancam nyawa masyarakat dan petugas.

Menjelang akhir tahun, kriminalitas di jalanan cenderung meningkat, seperti aksi penjambretan, copet bahkan pembegalan. Sebagai antisipasi, polisi perlu mengambil langkah tegas dan terukur. ”Jika ada nyawa petugas atau masyarakat yang membahayakan, secara tegas dilumpuhkan,” ujarnya.

Pihak kepolisian juga meminta kerjasama masyarakat untuk menekan peluang terjadinya kejahatan itu sendiri. ”Misalnya, dengan meminta pengawalan kepada polisi, jika membawa uang dalam jumlah banyak,” katanya, dilansir potretnews.com dari GoRiau.com.

Disampaikannya, pengawalan tersebut tidak dipungut biaya apa pun alias gratis. Jika ada petugas yang memintanya, Kabid Humas Polda Riau meminta agar segera dilaporkan. ”Tidak dipungut bayaran, orang minta tolong itu tak perlu bayar, kalau ada yang minta, silahkan laporkan,” tegasnya.

Sementara itu, bagi pemotor di jalanan juga diimbau agar tidak memakai perhiasan atau meletakkan barang-barang berharga di tempat yang mengundang penjahat untuk beraksi.

”Masyarakat harus tahu, bahwa pelaku kejahatan sudah mengubah jamnya beraksi. Jadi…, bisa kapan saja. Tak harus tengah malam atau dini hari. Polisi kita siap 24 jam, dan patroli ditingkatkan dalam skala besar. Kita harap kerjasama masyarakat, dengan menggelar ronda dan lainnya. Karena dengan upaya bersama tentu bisa kita tekan angka kejahatan,” Jelas Kabid Humas. ***

Editor:
Muhamad Maulana

Kategori : Riau, Umum, Hukrim
wwwwww