Selangkah Lagi, Sukiman Jadi Bupati Rokan Hulu Definitif

Selangkah Lagi, Sukiman Jadi Bupati Rokan Hulu Definitif

Sukiman (kanan) saat bersama Suparman.

Minggu, 10 Desember 2017 13:37 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman mengatakan saat ini Biro Tata Pemerintahan sedang mengurus proses ke Kementerian Dalam Negeri untuk penetapan Sukiman menjadi Bupati Rokan Hulu definitif menggantikan Suparman yang sudah dieksekusi. "Sekarang sedang diurus Biro Tapem dengan Kemendagri, tentu harus diproses terlebih dahulu," kata pria yang akrab disapa Andi Rachman, Ahad (9/12/2017).

Menurut gubernur, saat ini Sukiman sudah menjabat sebagai Pelaksana Tugas Bupati Rokan Hulu, sehingga tidak ada gangguan dalam jalannya roda pemerintahan di negeri Suluk Berpusaka Nan Hijau itu. "Sekarang kan sudah plt jadi pemerintahan jalan terus, "ujar Andi, dilansir potretnews.com dari tribunnews.com.

Andi juga menyampaikan tidak ada persoalan saat ini hanya sedang proses saja, karena Biro Tata Pemerintahan sedang melakukan proses pemberkasan.

Sebelumnya Jumat (8/12/2017) lalu Dirjen Otonomi Daerah (Otda) Kementerian Dalam Negeri Sony Soemarsono menyebutkan sudah melayangkan surat kepada Gubernur Riau sebagai perpanjangan tangan Pemerintah pusat di daerah untuk mengusulkan pemberhentian Bupati Rokan Hulu Suparman.

Sehingga dengan adanya pengusulan pemberhentian tersebut, maka Kementerian Dalam Negeri bisa langsung mengeluarkan SK pengangkatan Wakil Bupati Sukiman menjadi bupati definitif.

"Untuk kasus Rokan Hulu sampai saat ini menunggu usulan pemberhentian dari gubernur. Kemendagri sudah bersurat dan mendesak agar segera diusulkan," ucap Sony Soemarsono melalui sambungan telepon.

Namun untuk Sementara wsktu, Wakil Bupati (Sukiman) melaksanakan tugas sebagai plt bupati untuk mengisi kekosongan sehingga pemerintahan tetap berjalan baik. "Jadi bagaimana agar pemerintahan tidak kosong, maka wakilnya sekarang menjalankan tugas bupatinya," tutur dia.

Menurut Sony nantinya Sukiman akan kembali menjalani proses pelantikan yang akan dilantik Gubernur sebagai Bupati Depenitif Rokan Hulu, selanjutnya proses selanjutnya menetapkan wakil Bupati melalui proses yang sudah ada aturannya. "Akan ada pelantikan lagi nanti, dilantik Gubernur Langsung," ujar Sony. ***

Editor:
Akham Sophian

Kategori : Pemerintahan, Umum, Riau, Rohul
wwwwww